Wujudkan WBK, BPN Banten Evaluasi Pembangunan Zona Integritas

Serang I Dinamika Banten — Dalam rangka terus memantau dan mengevaluasi kemajuan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten menyelenggarakan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas bertemakan “Dengan Semangat Bangga Melayani Bangsa, Optimisme Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten menuju WBK/WBBM” yang dilaksanakan di Atria Hotel Gading Serpong pada Senin (26/10/2021).

Kegiatan Evaluasi pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM diawali dengan pelaksanaan Ice Breaking yang diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten. Selanjutnya pemberian materi dari narasumber Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Tengah Elijas B. Tjahajadi yang memaparkan upayanya membangun ZI pada Kantor Pertanahan Kota Bandung dimana pada tahun 2018 Kantor Pertanahan Kota Bandung meraih predikat WBK.

Dalam paparannya, Elijas B. Tjahajadi menyampaikan bahwa seluruh jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten harus membangun chemistry, memberikan layanan sesuai Standard Operating Procedure SOP dan melakukan maintenance dengan baik serta memiliki inovasi-inovasi yang luar biasa yang tentunya masuk dalam 6 komponen pengungkit pembangunan ZI menuju WBK/WBBM. “Skala prioritas adalah bagaimana menciptakan chemistry yang benar di antara seluruh jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, seluruh Tim Kelompok Kerja harus bekerja sama untuk menggerakkan”

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus sambutan dari Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Rudi Rubijaya.

Rudi Rubijaya menyampaikan bahwa pembangunan ZI menuju WBK/WBBM merupakan target Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dan saat ini dilakukan perbaikan-perbaikan baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), integrasi sistem teknologi informasi, penyampaian data dan informasi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Etika Mahaputri dan Dyna Florita.

Narasumber dari Kementerian PAN RB menyampaikan bahwa Predikat ZI menuju WBK/WBBM memang tidak mudah diperoleh tetapi kita harus yakin, berusaha dengan bekerja sama dari seluruh jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dan untuk mendapatkan predikat tersebut agar mempersiapkan evidence/dokumen pendukung yang aktual, dan setiap kegiatan pengungkit/area agar menyiapkan satu tempat khusus menyimpan dokumen untuk memudahkan pada saat pemeriksaan oleh Kementerian PAN RB.

Kegiatan Evaluasi Pembangunan ZI diakhiri dengan kegiatan Motivator ESQ yang bertujuan untuk membangun karakter serta sebagai panduan etika yang sangat penting dalam membentuk sikap profesional pada diri individu sebagai salah satu upaya pembinaan pegawai. Untuk meningkatkan komitmen setiap pegawai sehingga mampu menemukan kebahagiaan spiritual dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Dengan adanya komitmen tersebut, diharapkan para pegawai Kanwil BPN Provinsi Banten dapat memberikan pelayanan yang prima sebagai salah satu upaya pelaksanaan reformasi birokrasi. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *