Wujudkan Siswa Berakhlak Mulia, SMAN 1 Kota Serang Kembangkan Program Berbasis Spiritual

SERANG | DINAMIKA BANTEN — Plt Kepala SMA Negeri 1 Kota Serang, Ade Suparman mengatakan tengah menyiapkan peta jalan pendidikan sekolah yang terletak di tengah Kota Serang itu agar kelak kembali menjadi sekolah yang disegani karena unggul dalam prestasi akademik maupun non akademik. 

“Salah satunya langkah awal yang dilakukan yaitu dengan merubah sekaligus memperbaiki visi dan misi sekolah,” kata Ade Suparman kepada Dinamika Banten di Serang Banten, belum lama ini. 

Dalam visinya, Ade menyebut bahwa pihaknya berkomitmen mewujudkan peserta didik yang berakhlaq mulia, sehat, unggul, kreatif, visioner dan berwawasan lingkungan. 

“Membuat visi tidak perlu berbelit-belit, cukup singkat padat dan mudah diingat namun memiliki makna yang cukup luas dan substansial, ” ujarnya. 

Ade memastikan visi misi yang telah dibuatnya tidak hanya menjadi pajangan di dinding maupun papan informasi sekolah melainkan akan teraplikasi pada tataran teknis pembelajaran serta kebiasaan pada siswa. 

“Membentuk akhlakul karimah salah satu strategi pencapaiannya dengan meminta kesiswaan untuk membiasakan piket menyambut kehadiran siswa di gerbang sekolah dengan prinsip senyum, salam dan sapa, ” ucapnya. 

Kemudian saat upacara, kata Ade, dalam susunan acara disisipkan sesi mengaji. Jadi pada saat upacara ada siswa yang ditugaskan untuk mengaji beberapa ayat Al Quran. 

“Selanjutnya arti dari ayat alquran yang dibaca tersebut akan diulas oleh Pembina Upacara sekaligus dikorelasikan dengan visi misi sekolah, ” beber Ade Suparman. 

Pihaknya secara bertahap tengah melakukan tes kemampuan membaca alquran atau mengaci pada siswa.  Siswa, kata Ade, jika tidak memiliki kemampuan untuk mengaji mana mungkin punya kemauan untuk membuka alquran, mana mungkin punya motivasi mengkaji alquran. 

“Khusus pada hari Jumat, sekolah menerapkan pembiasan melakukan sholat dhuha berjamaah. Program ini sebagai sarana pendidikan terhadap anak agar memiliki kemauan untuk menjalankan sholat dhuha secara konsisten di rumahnya masing-masing sebelum beraktivitas, ” ujarnya. 

“Pembiasaan ini berkaitan erat dengan konsep visioner. Jadi visioner itu berpikir tidak hanya saat ini tetapi memikirkan masa yang akan datang. Mengajak sholat dan ngaji inikan urusan akhirat jadi termasuk pula pada konsep visioner tadi,” tadasnya. 

Sementara pada isu unggul,  Ade Suparman yang juga Kepala SMA Negeri 4 Kota Serang ini memiliki keyakinan kuat bahwa bukan perkara sulit menjadi SMAN 1 Kota Serang sebagai sekolah yang unggul. 

“Dengan komposisi siswa yang mendaftar mayoritas berasal dari lulusan sekolah yang unggul dan berprestasi maka tugas sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul itu hanya tinggal memoles sedikit-sedikit saja. Karena hampir bisa dipastikan untuk urusan kompetitif pun prestasi tidak menjadi kekhawatiran, ” imbuh Ade. 

Yang menjadi tantangan serta tanggungjawab besar kami saat ini, adalah menumbuhkan anak dengan kemampuan akhlak yang mulia, ” (Adg) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *