Warga Solear Ikuti Baksos Khitanan Massal Dari Dinkes Banten

TANGERANG | DINAMIKA BANTEN — Masyarakat Desa Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang menjalani khitan massal gratis, Selasa 11 Juli 2023. Khitanan massal gratis yang bertempat di Kantor Desa Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang tersebut, diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten melalui program bakti sosial (baksos).

Khitanan massal tersebut dihadiri Kepala Seksi Mutu dan Pelayanan Kesehatan Primer pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten drg Nimas Teguh W, dan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten Agus Supriyatna.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Mutu dan Pelayanan Kesehatan Primer drg Nimas Teguh W menyampaikan, program khitanan massal tersebut didanai dari APBD Provinsi Banten tahun anggaran 2023. Program tersebut dibuat untuk membantu masyarakat kurang mampu yang ingin mengkhitan anak anaknya namun terbentur dengan biaya.

“Khitan massal di Desa Solear ini diikuti sebanyak 19 orang. Jadi, proses khitan yang dilakukan ini tidak sakit dan tidak mengeluarkan darah, karena dilakukan dengan laser, dan bisa langsung kering, sehingga anak-naka yang dikhitan bisa langsung berjalan,” ujar drg Nimas.

Nimas menjelaskan bahwa kegiatan khitanan massal ini sangat penting dalam rangka meringankan beban masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki biaya untuk mengkhitan anaknya.

Nimas berharap kegiatan tersebut dapat terus dilakukan dan berkelanjutan setiap tahun, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapan kami, program ini akan terus berlanjut, karena sangat membantu warga yang kurang mampu, untuk mendapatkan pelayanan khitanan massal. Sebab khitanan itu kan tidak ditanggung BPJS, jadi program ini sangat membantu masyarakat,” katanya.

“Dan di program ini, peserta khitanan mendapatkan uang saku, bingkisan, serta perlengkapan seperti peci, sarung, celana, celana khitan, satu set baju koko dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, H. Dedi Sutardi S.E MBA  mengatakan bahwa program khitanan massal yang dilaksanakan Dinkes Provinsi Banten ini sangat positif untuk memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang ingin mengkhitan anaknya.

“Kami di DPRD Banten sangat mendukung program ini karena dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Agus.

Menurutnya, khitanan massal ini adalah salah satu program Pj Gubernur Banten bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi yang dilaksanakan di beberapa tempat.

Agus berharap, anak-anak yang dikhitan menjadi anak yang soleh, berbakti kepada kedua orang tua, agama dan negara.

“Kami juga berharap kepada Pemerintah Provinsi Banten agar melanjutkan program ini, dan kami DPRD Provinsi Banten insya Allah akan mensupport program ini,” ujarnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *