Walikota Serang Sebut Paradigma RPJMD Harus Berubah Ke Program

DBC I Serang – Dalam menyusun kerangka RPJMD Kota Serang ada hal yang perlu diperhatikan yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mampu menjabarkan visi misi Kota Serang dengan sebaik-baiknya.

Demikian disampaikan oleh Walikota Serang Syafrudin saat membuka Forum Konsultasi Publik rancangan awal RPJMD Kota Serang tahun 2019 2023 di Hotel Ledian, Kota Serang, Senin (7/1).

“Dalam menyusun RPJMD haru ada perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program,” katanya.

Dalam money follow program ini dijelaskan Syafrudin, program prioritas OPD harus benar-benar dilakukan. Jangan sampai, program yang direncanakan tidak bersentuhan dengan masyarakat.

Selanjutnya, dituturkan Syafrudin, dalam penyusunan RPJMD juga OPD harus melakukan rasionalisasi program kegiatan nomenklatur yang tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat.

“Kita harus simultan dengan penyusunan rancangan awal RPJMD. Masing-masing OPD juga harus berproses untuk penyusunan rancangan strategis (Renstra) OPD mengacu pada rancangan RPJMD,” katanya.

(Uci/Ade Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *