Tokoh Masyarakat Cimancak Diduga Serobot Lahan Sumber Mata Air

LEBAK I DINAMIKABANTEN.CO.ID — Sumber mata air Cimanglid yang berlokasi di Kampung Pasir Ipis Desa Cimancak adalah satu satu sumber mata air yang besar yang ada di Desa Cimancak Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak.Sumber mata air ini banyak digunakan untuk kebutuhan air lahan sawah warga di blok Banter.

Namun kini sumber mata air tersebut luasan nya telah menyempit, akibat diduga ada penyerobotan oleh oknum warga yang memiliki garapan kebun di sekitar sumber mata air Cimanglid. Salah satunya Santa, salah seorang warga Kampung warung gadog, dia dengan berani menggeser batas sumber mata air tersebut ( Cimanglid red) untuk di jadikan kebun karet, terang Edi warga setempat kepada awak media ini ( 7/1/2021).

Edi menjelaskan, Pak Santa dengan sengaja melakukan pelebaran lahan kebun karetnya dengan modus melakukan penyiangan,dia membabat sedikit demi sedikit pohon pohon yang ada di sumber mata air Cimanglid tersebut, sehingga,ada beberapa pohon yang tadinya ada di sumber mata air di tebang paparnya.

” Ya benar Pak,Pak Santa melakukan pelebaran kebun karetnya dengan sengaja,padahal dia seorang tokoh Desa, yang harus memberikan contoh yang baik, dia sendiri tau bahwa sumber mata air Cimanglid ini banyak di gunakan lahan sawah di blok Banter ungkapnya. Saya sebagai warga, dengan ini minta kepada pihak pihak terkait untuk memberikan sangsi kepada Pak Santa, karena kalau hal ini tidak di lakukan maka, bukan tidak mungkin sumber mata air yang menjadi sumber kehidupan pokok manusia dan lingkungan hidup,akan menyempit dan bisa habis pintanya.

Karena dia seorang tokoh, kadang sulit di ingatkan,makanya saya mengadukan hal ini kepada awak media dan LSM, bukan saya saja padahal yang keberatan dengan apa yang di lakukan oleh Pak Santa, warga yang lain pun yang memiliki lahan sawah menggerutu semua, hanya tidak berani bertindak ucapnya.Sekali lagi,saya sebagai warga minta hal ini di tindak lanjuti agar pengrusakan sumber mata air Cimanglid bisa terhentikan, supaya sumber mata air yang besar yang masih ada di Desa Cimancak,tetap lestari dan terjaga harapnya.

Ketika awak media ini mencoba mendatangi Pak Santa di rumahnya, yang bersangkutan sedang tidak ada di rumahnya, padahal cukup lama menunggu.

mengkonfirmasi Ketua BPD Desa Cimancak,agar keluhan warga masyarakat tersambungkan.

Pak Endang dengan Via WA menjawab, benar Pak kebun karet itu milik Pak Haji Santa Warga Kp Warung Gadog Desa Cimancak terangnya.

Keterangan yang kita peroleh dari Pak Endang sebagai ketua BPD Desa Cimancak, di dapat,” betul Pak,Pak Santa mengakuinya, bahwa dia telah melakukan dugaan penyerobotan lahan sumber mata air Cimanglid, dan brlum lama ini, dia juga menebang pohon mahoni besar yang berada di batas dan masuk di radius sumber mata air tersebut ungkapnya.

Saya selaku wakil dari aspirasi masyarakat, agar pak Santa,harus nempertanggung jawabkan perbuatannya, sesuai pengakuan dia kepada saya terangnya.

Saya sebagai aspirator, akan ada di tengah tengah,agar permasalahan ini ada solusinya ujar tokoh pemuda Kampung Ramadi ini.

Sementara kepala Desa Cimancak,Emus Firmansyah ketika dikonfirmasi awak media,tidak merespon, sampai berita ini di turunkan belum ada jawaban, padahal di konfirmasi ini, di jelaskan dengan adanya dugaan alih pungsi sumber mata air Cimanglid menjadi kebun oleh oknum tokoh Desa Cimancak ini.(Didin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *