TMKK Dorong Masyarakat Ikuti Program KKBPK

SERANG I DBC — TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) mendorong masyarakat mengikuti Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

TNI yang terdiri dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara sudah menginstruksikan semua jajaran TNI, khususnya di Kabupaten Serang untuk membantu program TMKK dengan fasilitas kesehatan yang ada.

Selain itu, para personel TNI, khususnya babinsa,sudah pernah ada pelatihan tentang masalah KB.

Selain pemanfaatan fasilitas dan tenaga kesehatan milik TNI, dukungan yang telah dan sedang dilakukan di antaranya mendorong masyarakat untuk mengikuti program KKBPK, baik menjadi akseptor KB maupun berpartisipasi aktif dalam upaya pembangunan keluarga.

Bersama penyuluh KB dan kader KB di lapangan, jajaran babinsa membentuk sinergitas yang solid demi memberikan advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) kepada masyarakat.

Dengan demikian, keberadaan TNI makin meyakinkan bahwa program KKBPK menjadi aspek penting dalam percepatan pembangunan dan masyarakat diajak terlibat di dalamnya.


Kepala Dinas KP3A Kabupaten Serang, Takrul Wasyit, mengatakan Kegiatan Pelayanan Dan Pembinaan Keluarga Berencana melaui Momentun TNI Manunggal KB Kesehatan bekerjama dengan lintas instansi diantaranya  Puskesmas terkait, Klinik, Polides, Pustu, Organisasi Profesi, Organisasi PKK,  TNI/ POLRI, SKPD lain yang terkait.

Dengan tahap pelaksanaan sebagai berikut : 1. Dilaksanakannya rapat persiapan pelaksanaan Pelayanan KB dalam rangka TNI Manunggal KB Kesehatan pada tanggal 14 Juni 2019.
2. Pelaksanaan pelayanan KB TMKK bertempat di Puskesmas Cikande pada tanggal 19 Juni 2019 dilanjutkan dengan rapat evaluasi kegiatan
3. Pencananganya dilakukan Kodim 0602 Serang pada tanggal 11 Juli 2019 4. Selanjutnya pelayanan di masing masing kecamatan di 29 Kecamatan se Kabupaten Serang.

menjelaskan, Pelayanan  KB ini dilakukan bekerja sama dengan stakeholder Dinas Kesehatan, TNI Korem 0604/Maulana Yusuf dan Kodim 0602/Serang beserta seluruh jajaran UPT, Puskesmas, BKKBN Provinsi Banten dan OPD Pemrintahan Kabupaten Serang. Dilanjutkan dengan pelayanan KB di Masing masing kecamatan se Kabupaten Serang.



Menurutnya, laju pertumbuhan penduduk di Indonesia terjadi penurunan dari 1,49 pada tahun 2000-2010 menjadi 1,43 pada tahun 2010-2015. Laju pertumbuhan penduduk perlu dikendalikan agar tetap seimbang agar daya dukung lingkungan tetap dapat terjaga. Di Provinsi Banten laju pertumbuhan penduduk masih cukup tinggi diatas nasional  angka mencapai 2.34 persen.



Kondisi terkini Angka TFR di Kabupaten Serang, lanjutnya,  masih berkisar 2.6  dengan CPR (Contraceptive Prevalence Rate) berkisar  60.65%  (Susenas, 2015) Melihat trend ini sangat diperlukan kebijakan khusus dalam rangka mengurangi tingkat putus pakai kontrasepsi pada akseptor KB yaitu kebijakan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Serang dalam  meningkatan CPR (Contraceptive Prevalence Rate), meningkatan KB MKJP Medis Operasi, meningkatan Peserta Aktif (PA)  menurunan unmet need, dan menurunan angka putus pakai.

Pembinaan dan Pelayanan KB dalam rangka TMKK merupakan strategi  pelayanan KB dengan meningkatkan  akses masyarakat diwilayah tersebut untuk dapat terlayani pelayanan KB Metode Kotrasepsi Jangka Panjang  dengan kerjasama dengan TNI Manunggal dengan Babinsa di desa desa dalam melakukan pergerakan akseptor ke tempat pelayanan dan sekaligus dianggap cukup efektif dan efesien mengurangi angka putus pakai kontrasepsi.

Kegiatan Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan di hadiri oleh 203 Peserta pada tanggal 11 Juli 2019 di Kodim 0602/Serang.


Sementara itu, Pelayanan KB MKJP dalam rangka TMKK terlaksana dengan bantuan mitra kerja dan peran aktif masyarakat. Peningkatan kesertaan KB MKJP dinilai lebih efektif dan efesien dalam rangka mengatur kelahiran. Sehingga tujuan Meningkatnya kesertaan ber KB menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang dalam upaya Mewujudkan pertumbuhan penduduk yang  seimbang dan keluarga berkualitas  melalui keluarga berencana dapat tercapai. (Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *