Tingkatkan Pengelolaan Pajak, Bapenda Lebak Lakukan Pemutakhiran Data

DBC I LEBAK – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lebak sedang melaksanakan Kegiatan Pendataan dan Pemutakhiran Basis Data Pajak Daerah, khususnya jenis PBB-P pada Tahun Anggaran 2018.

Kepala Bapenda Kabupaten Lebak, Hari Setiono memaparkan, bahwa sejak pengalihan pengelolaan PBB-P2 dari Pusat ke Daerah. Database Pajak Daerah jenis Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kabupaten Lebak sudah usang dan tidak lagi sesuai dengan kondisi faktual.

“Database PBB-P2 yang diserahkan KPP Pratama kepada Bapenda merupakan database yang berlaku pada tahun 2006, maka demi meningkatkan pengelolaan PBB-P2 perlu dilakukan pemutakhiran database sebagaimana amanat UU No. 28 Tahun 2009”, papar Hari.

Kepala Bidang Penetapan dan Pelayanan Bapenda Kabupaten Lebak, Agus Bakhtiar, selaku PPK dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa Kegiatan Pendataan dan Pemutakhiran Basis Data Pajak Daerah masih menggunakan Jasa Konsultan. Agus berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai harapan sebagaimana tahun sebelumnya.

Kegiatan Pendataan dan Pemutakhiran Basis Data Pajak Daerah Tahun 2018 bersumber dari APBD Kabupaten Lebak Tahun 2018 dan mengambil Lokasi di Kecamatan Cibadak dan Kecamata Kalanganyar Kabupaten Lebak.

Kepala Subbidang Pengolahan Data dan Informasi Bapenda Kabupaten Lebak, Nevi Pahlevi, selaku PPTK dari Kegiatan ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tahun 2017 di Kecamatan Rangkasbitung dan Kecamatan Maja.

Untuk tahun 2018 ini dilaksanakan di Kecamatan Cibadak dan Kecamatan Kalanganyar. Nevi pun menjelaskan bahwa berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Bapenda bahwa kegiatan tahun 2019 akan dilaksanakan di Kecamatan Warunggunung.

Nevi pun berharap agar Masyarakat di wilayah tersebut memanfaatkan betul kegiatan tersebut guna meningkatkan faktualisasi database pajak daerah dan optimalisasi pengelolaan PBB-P2. (fahdi / ade gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *