Terjadi Sedimentasi, Warga Minta Normalisasi Kali Cisiih

Lebak I Dinamika Banten — Rusaknya Daerah Aliran Sungai ( DAS ) kali Cisiih disebabkan sudah lama terjadi pendangkalan (Sendimentasi). Muara Sungai ini berada di Desa Situregen, Kec. Panggarangan, Kab. Lebak Banten.

Keadaan DAS sungai ini kian hari kian melebar, sejumlah petak sawah yang berada di pinggiran kali tersebut rusak tergerus air kali tersebut, bahkan ada satu pemukiman yakni Kampung Elod sering terendam, jikalau air kali Cisiih meluap.

Hal itu dikatakan Joni waga Baksel kepada Dinamika Banten, Sabtu (6/11/2021).

Warga berharap kepada Pemerintah Provinsi Banten dengan Dinas terkaitnya Sumber Daya Air Dan Pemukiman, untuk melakukan normalisasi sungai dan penataan kembali Daerah Aliran Sungai ( DAS ) Kali Cisiih, dan ini keadaannya sangat Urgen,” harapnya.

Karena Kampung Elod berada hampir di muara kali tersebut, katanya, ketika air laut pasang di tambah air Sungai Cisiih meluap, Kampung tersebut sering terendam.

Hal ini di benarkan juga oleh Kasat Pol PP Kecamatan Panggarangan, H. Agus Sumardi, di kala musim hujan, Kampung Babakan Elod mah, itu sudah langganan kebanjiran, pasalnya setiap air Sungai Cisiih meluap itu pasti kebanjiran,” terangnya.

“Salah satunya biar warga di situ aman dari banjir, Daerah Aliran Sungai, harus di DAM/ beronjong, atau yang lebih tepat lagi, Kampung Babakan Elod mah, harus di relokasi, karena Pemukiman tersebut lebih rendah dari aliran kali Cisiih,” tutupnya. (Didin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *