Tangsel Juara Umum POPDA X Tahun 2022, Pj Gubernur Al Muktabar Optimis Banten Berprestasi pada POPNAS

SERANG | DINAMIKA BANTEN — Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menutup Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) X Tahun 2022 Provinsi Banten di Stadion Maulana Yusuf Jl. Jenderal Sudirman, Sumur Pecung, Kota Serang, Sabtu (11/6/2022). Dalam perhelatan tersebut, Kota Tangerang Selatan meraih juara umum sekaligus berhasil mempertahankan juara umum POPDA IX Tahun 2018 Provinsi Banten.

 Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar mengajak semua komponen masyarakat untuk menjadikan semangat olah raga menjadi inspirasi membangun Banten. “Semangat  olahraga dapat menjadi inspirasi kita menjadi spirit dalam rangka membangun Provinsi Banten,” tambah Al Muktabar.


Dalam sambutannya, Al Muktabar Al Muktabar menyampaikan apresiasi kepada Kota Serang yang  sukses menyelenggarakan POPDA X Tahun 2022 Provinsi Banten. Serta apresiasi atas semangat serta sportifitas yang dijunjung tinggi para atlet dan insan olahraga.


Sebagaimana diketahui, selama perhelatan POPDA X Tahun 2022 Provinsi Banten sempat menyaksikan beberapa pertandingan pada beberapa cabang olah raga, seperti bulutangkis, gulat, dan basket. Bahkan, Al Muktabar berkenan memberikan kalungan medali kepada peraih medali pada cabang olah raga tersebut. Usai menyaksikan pertandingan final cabang olahraga (cabor) Bulutangkis di GOR Alun-alun Timur, Kota Serang, Jumat (10/6/2022).

Al Muktabar mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengajak semua para atlet yang saat ini tengah bertanding dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) X Tahun 2022 Provinsi Banten untuk dapat terus meningkatkan kemampuan dan potensi untuk dapat terus meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga. 


Menurutnya, para atlet di semua cabor yang dipertandingkan pada POPDA tersebut memperlihatkan permainan yang berkembang, sehingga ia berharap para atlet dapat terus berusaha untuk meningkat potensi yang dimiliki oleh para atlet.  “Dengan demikian, masyarakat Banten akan berharap prestasi itu terus meningkat dan membawa nama baik kita (Provinsi Banten) baik ditingkat Nasional maupun Internasional,” katanya. 


Selain itu, Al Muktabar menjelaskan setelah diselenggarakannya POPDA X Tahun 2022 Provinsi Banten ini, pihaknya akan melakukan pembinaan kepada para atlet guna mempersiapkan atlet-atlet terbaik Provinsi Banten untuk berlaga di Pra Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (POPNAS) dan POPNAS yang akan datang.


Al Muktabar mengatakan, melihat perkembangan POPDA X Tahun 2022 Provinsi Banten, dirinya mengaku optimis cikal bakal atlet di Banten sangat bagus, tinggal bagaimana nanti proses pembinaan yang dilakukan. “Para atlet kita bertanding dengan baik dan mereka sangat sportif,” katanya. 
Al Muktabar melanjutkan, Pemprov Banten sangat konsen terhadap pembinaan para atlet yang ada. Dia berharap, Provinsi Banten bisa masuk lima besar tingkat nasional pada POPNAS atau bahkan bisa ikut dalam ajang olahraga internasional dan mengharumkan nama Banten. 


“Target maksimalnya tentu para atlet kita diharapkan nanti bisa memperoleh medali emas pada ajang olahraga tingkat nasional,” ucapnya. Prestasi olah raga atlet-atlet pelajar Provinsi Banten saat ini sudah berada pada papan atas nasional. Hal ini terbukti pada ajang Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (POPNAS) sebelumnya. Pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 di  Jawa Tengah, Banten menduduki urutan ketujuh dengan perolehan medali 10 emas, 15 perak dan 14 perunggu. 

Saat itu, Juara Umum POPNAS diraih kontingen Jawa Barat. Disusul kemudian oleh DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, dan Lampung. Pada POPNAS XV Tahun 2019 di DKI Jakarta, Provinsi Banten mampu memperbaiki prestasinya.  Pada Popnas kali ini, Banten berhasil menempati posisi keenam dalam klasemen akhir perolehan medali, dengan meraih 9 emas, 7 perak, dan 15 perunggu atau total 31 medali. 


 Saat itu, Kontingen POPNAS XV Provinsi Banten mampu mempersembahkan medali emas ada cabang olahraga (cabor) taekwondo (tiga keping), judo (dua keping), pencak silat (satu keping), atletik (satu keping), angkat besi (satu keping), dan karate (satu keping).


 Kemudian perak dipersembahkan cabor panahan (dua keping), judo, pencak silat, atletik, taekwondo, dan karate. Pada POPNAS XVI Tahun 2023 di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, semoga kontineg Banten mampu meraih posisi lima besar. AAmiin. (Adv Biro Adpim Setda Provinsi Banten).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *