SMKN 1 Kramatwatu Fokus Penuhi Sarana dan Prasarana

SERANG I DINAMIKABANTEN.CO.ID — Dalam pendidikan, sarana dan prasarana sangat penting karena dibutuhkan. Sarana dan prasarana pendidikan berguna untuk menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

Demikian dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Kramatwatu, Hikmatulloh kepada dinamikabanten.co.id di Serang, Senin (14/12/2020).

Menurutnya, sarana dan prasarana pendidikan adalah satu sumber daya yang
menjadi tolak ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang canggih.

Ia menjelaskan, SMK Negeri 1 Kramatwatu berdiri pada tahun 2011. Namun saat itu KBM masih menumpang di salah satu SD terdekat. Pada 2018 infrastruktur sekolah mulai dibangun dan pada 2019 sudah mulai digunakan.

Ia merinci saat ini sekolah yang terletak di Jl. Raya Terate Kp. Cilia, Desa Lebakwana, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang ini telah memiliki lebih kurang 400 siswa dan memilki 3 bidang keahlian yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Hikmatulloh, Kepala SMK Negeri 1 Kramatwatu

Pantauan di lapangan sekolah yang memiliki luas lahan 1.300 meter ini hanya baru memilki tiga ruang kelas. Penampakan disudut-sudut lahan sekolah masih membutuhkan banyak sentuhan pembangunan dari dinas terkait. Apalagi dengan kondisi tanah yang tidak merata (sebagian berada di dataran tinggi dan sebagian lagi di dataran rendah) serta kontur tanah yang labil juga menjadi kendala tersendiri dalam upaya menata sekolah ini.

Terlihat hanya baru satu lapangan olahraga yang tampak ideal untuk kegiatan pembelajaran di lapangan. Saat ini juga pihak sekolah tengah menggenjot percepatan penyelesaian pekerjaan pembangunan 2 Gedung RPS dari bantuan Kemendikbud RI.

Hikmatulloh memang mengaku tengah konsen memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang memadai sesuai kondisi jumlah siswa. “Saya telah mengusulkan 12 RKB dan sejumlah laboratorium untuk mendukung pembelajaran siswa, diantaranya Lab. Komputer, Lab. Fisika, Lab. Kimia dan Lab IPA,” ujarnya.

Kalau bicara kebutuhan tentu tidak bisa disebutkan satu demi satu. Sebab, kata Hikmat, sebagai sekolah yang baru berdiri segala fasilitas apapun dalam mendukung pembelajaran, keamanan dan kenyamanan siswa masih sangat dibutuhkan.

Sarana lapangan olahraga SMK Negeri 1 Kramatwatu yang baru dibangun

Ia bahkan kembali menegaskan bahwa sarana dan prasaran sekolah adalah hal yang sangat menunjang atas tercapainya suatu tujuan dari pendidikan. “Sebagai seorang kepala sekola tentu saya dituntut untuk menguasai dan memahami administrasi sarana dan prasarana,
untuk meningkatkan daya kerja yang efektif dan efisien serta mampu menghargai etika kerja sesama personel pendidikan,
sehingga tercipta keserasian, kenyamanan yang dapat menimbulkan kebanggaan dan rasa memiliki baik dari warga sekolah maupun warga masyarakat sekitarnya,” tutupnya. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *