SMKN 1 Kota Serang Pastikan Jaga Kualitas Pembelajaran

Serang I DBC — Plt. Kepala SMK Negeri 1 Kota Serang, Maksudi Zen Muttaqin meminta kepada para tenaga pendidik untuk selalu berinovasi meningkatkan skill dan SDM-nya guna menjaga kualitas pembelajaran di sekolah kejuruan yang berada di tengah Kota Serang itu.

Zen, sapaan akrab Maksudi Zen Muttaqin menjelaskan bahwa menjadi pimpinan di sekolah yang telah lama berdiri dan kerap diunggulkan masyarakat memiliki tantangan tersendiri dalam pengelolaannya.

“SMKN 1 Kota Serang ini sekolah besar dan selalu difavoritkan masyarakat. Terbukti dalam setiap penerimaan siswa baru, minat orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya disini sangat tinggi,” katanya, Senin (6/7/2020).

Untuk PPDB tahun ini misalnya, kata Zen, kita punya kuota sebanyak 720 siswa, namun dari data yang kita miliki pendaftarnya mencapai 1.300 siswa.

“Animo yang luar biasa besar dari masyarakat itu perlu kita pertahankan, dengan cara, guru-guru harus selalu meningkatkan kemampuan pengajarannya demi menjaga kualitas pembelajaran” ucapnya.

Meksipun, kata Zen, saat ini memang dalam situasi pandemi Covid-19 dimana pembelajaran tanpa melalui tatap muka, namun dilakukan dengan jarak jauh atau daring.

“Justru disinilah tantangan mereka sebagai tenaga pendidik. Yaitu harus mampu berinovasi dan berimprovisasi dengan perkembangan teknologi dan informasi agar aktivitas pembelajaran bisa terus berjalan,” ucapnya.

PPDB Berjalan Lancar

Zen juga menyampaikan bahwa gelaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 berjalan dengan aman dan lancar.

“Berdasarkan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya, saya coba merubah pola PPDB disini. Tapi bukan mekanisme PPD secara umum, dimana PPDB tetap dilakukan secara online sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Banten,” beber Zen.

Ia menjelaskan bahwa pola yang ia perbaiki ialah pada tataran teknis di sekolah agar dalam situasi pandemi Covid-19 tidak ada kerumunan calon siswa dan orang tua siswa.

“Kalau dulu kan sehari setelah setelah pengumuman penerimaan siswa, disini selalu dikerumuni siswa dan orang tua. Naah sekarang kita pastikan saat ini kerumunan itu tidak akan terjadi. Salah satunya mengatur jadwal siswa yang dinyatakan diterima untuk melakukan daftar ulang,” terangnya.

Selain itu, Zen juga tidak menampik banyak calon peserta didik yang tidak diterima meminta agar tetap bisa diterima.

“Terhadap peserta didik didik yang seperti ini, saya meminta agar mereka bersabar dan menunggu hingga jadwal daftar ulang ini selesai, sebab biasanya ada saja siswa yang diterima disini tidak melakukan daftar ulang dan itu bisa menjadi kesempatan siswa yang tidak diterima tadi untuk naik rangking dan berpeluang diterima disini,” terangnya.

Selain itu, sambung Zen, segala dinamika PPDB disekolahnya akan dilaporkan ke panitia PPDB Provinsi. Pihaknya akan menunggu seperti apa rekomendasi yang akan diberikan pada sekolahnya.

“Semua perkembangan PPDB ini akan kita laporkan ke Provinsi. Dari soal kuota penerimaan, animo dan lain sebagainya akan selalu kita sampaikan. Kita tinggal menunggu kebijakannya seperti apa untuk kita tindaklanjuti,” tutupnya.

Penulis : dinamikabanten.co.id
Editor : Ade Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *