SMKN 1 Kota Serang Beberkan Deretan Program 2021

Mewujudkan Centre Of Excellence

Beragam prestasi membanggakan yang telah diraih pada 2020 kian memantapkan Kepala SMK Negeri 1 Kota Serang, Maksudi Zen Muttaqin, M.Pd untuk kembali mencanangkan beragam program tahun 2021. Hal itu dilakukan agar capaian dan kebersihan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Untuk Tahun 2021, ada beberapa program utama SMK Negeri 1 Kota Serang yaitu menyiapkan sekolah menjadi Pusat Keunggulan (Centre Of Excellence) dengan cara penguatan Kurikulum berstandar Industri melalui Teaching Project dari kegiatan UpSkilling/ReSkilling Guru SMK Berstandar Industri dimana SMK 1 Kota Serang ditunjuk sebagai Pusat Belajar (PB) oleh Balai Besar Pusat Pengembangan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bispar, Kemdikbud bersama dgn 16 Pusat Belajar di Indonesia,” kata Kepala SMK Negeri 1 Kota Serang, Maksudi Zen Muttaqin kepada dinamikabanten.co.id di Serang, Kemarin.

SMK Negeri 1 Kota Serang yang telah ditunjuk sebagai sekolah revitalisasi oleh Kemendikbud itu berkomitmen tengah menyiapkan kemandirian sekolah menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Langkah ini sebagai upaya agar terciptanya budaya industri yang dapat menyiapkan siswanya untuk siap kerja, memiliki jiwa wirausaha dan berdaya saing,” tandas Zen sapaan akrab Maksudi Zen Muttaqin.

Tidak sampai disitu, usaha menghadirkan pola pengajaran yang aman, nyaman, ramah dan menyenangkan bagi peserta didik tengah digalakkan dengan dicanangkannya Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).

“Melaui program GSM itu diharapkan kreativitas, inovasi, kemandirian serta rasa percaya siswa atau peserta didik dengan sendirinya akan tumbuh,” katanya.

Dalam rangka menyukseskan cita-cita sekolah sebagai Centre Of Excellence, pihaknya mengaku telah melakukan digitalisasi program sekolah dengan memanfaatkan platform media sosial sepeeti Facebook, Instagram, TIKTOK dan lain sebaginya. “Kami juga mengaktifkan SMEKSA Channel pada kanal YouTube. Mudah-mudahan awal tahun ini sudah bisa kita launching,” katanya lagi.

Semua terobosan yang dipaparkan diatas, kata Zen, telah sejalan dgn visi dan misi SMK N 1 Kota Serang. Bahkan pria santun yang kerap menebar senyum ini membuat slogan baru untuk sekolah tersebut. “SMEKSA…Bersinergi…Berprestasi” serunya penuh semangat yang didampingi Wakasek Kehumasan, Rohmatul Fajri.

“Slogan atau tagline itu dibuat adalah sebagai pemicu agar seluruh warga sekolah SMKN 1 Kota Serang ini selalu mengedepankan sinergitas dengan menjaga hubungan yang harmonis baik antar dewan guru, guru dengan staf dan pegawai sekolah. Pun juga dengan siswa, harmonisasi itu harus dibangun. Jika sinergitas telah terbangun maka bukan tidak mungkin prestasi apapun bisa kita raih bersama,” jelasnya.

Zen juga menyampaikan bahwa SMK N 1 Kota Serang masuk dalam tujuh besar (Medallion of Excellence) dari 34 Provinsi pada LKS Nasional ke 28 tahun 2020 untuk kategori ‘Cooking’. “Prestasi ini sebagai motivasi untuk kita agar terus meningkatkan segala potensi dan sumber daya siswa dan sekolah,” pungkasnya.

Mengingat aktivitas pembelajaran hingga saat ini masih dilakukan secara daring, Zen akhirnya menitipkan pesan kepada seluruh siswa dan orang tua siswa SMKN 1 Kota Serang untuk tetap bersabar dan berdoa dalam menghadapi becana non alam seperti Pandemi Covid-19 ini.

“Kalian, kita dan semuanya sama merasakan lelah dan jenuh dengan kondisi ini. Namun disamping pendidikan, dalam situasi darurat seperti ini kesehatan dan keselamatan siswa dan manusia pada umumnya adalah menjadi nomor satu dalam penanganan Pemerintah,” ujar Zen.

Oleh sebab itu, Zen berpesan agar mendukung dan mematuhi segala himbauan dan anjuran pemerintah dalam upaya memutuskan rantai penularan Covid-19 melalui Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan yaitu dengan cara mecuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan kerumunan. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *