SDN Kosambi Ikuti Akreditasi Sekolah Secara Daring

SERANG I DINAMIKA BANTEN — Tim asesor dari Badan akreditasi Nasional jalan RS Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan selesai melakukan kegiatan visitasi selama dua hari, 29-30 November 2021 di SDN Kosambi, desa Songgom Jaya kecamatan Cikande, Kabupaten Serang. Kunjungan Tim asesor yakni Said Ariyan (asesor 1) dan Pur Indratmi, M.Pd (asesor 2) berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan oleh BAN-S/M Provinsi dengan nomor : 100/BAN-SM-Prov/LL/XI/2021 pada tanggal 23 November 2021 lalu. Hal tersebut dikatakan Kepala UPT SDN Kosambi, Asmin Supriyono, M.Pd kepada wartawan di sekolah, Rabu (2/12).
Asmin mengatakan asesor melaksanakan kegiatan visitasi melalui observasi lapangan, observasi kelas dan wawancara dengan warga sekolah dasar negeri Kosambi dalam rangka verifikasi serta validasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh sekolah melalui instrumen akreditasi. “Visitasi selama dua hari, hari pertama dari jam 08.00 Wib -16.00Wib. Hari kedua, jam 08.00 Wib -16.00 Wib. Pelaksanaan visitasi, temu awal, observasi sarana prasarana dan lingkungan, observasi kegiatan pembelajaran, telaah dokumen 8 Standar Nasional Pendidikan (wawancara) dan temu akhir,”terang Asmin.
Untuk kinerja asesor, sambung Asmin, fasilitas yang diminta asesor yakni koneksi internet dan platform zoom, ruang telaah dokumen dan wawancara. Ruang komite sekolah, dewan guru, tenaga adminstrasi sekolah (TAS), perwakilan orang tua siswa dan alumni. Fasilitas yang disediakan sekolah kepada asesor yakni koneksi internet dan platform zoom, ruang telaah dokumen dan wawancara. komite sekolah, dewan guru, TAS, perwakilan orang tua siswa dan alumni.
Asmin menambahkan adapun cara asesor berbagi tugas, hari pertama kegiatan visitasi, diawali dengan pembukaan berupa sambutan dan penjelasan uraian kegiatan yang akan dilakukan dilanjutkan dengan wawancara kepada komite sekolah, perwakilan orang tua, dan alumni. Selanjutnya wawancara dengan kepala sekolah terkait manajemen sekolah dan mutu guru. “Wawancara dilakukan secara bergantian oleh asesor kepada seluruh pihak yang terlibat,”ungkap Asmin.

Asmin menjelaskan kegiatan visitasi hari kedua, diawali dengan pembukaan berupa sambutan dan penjelasan uraian kegiatan yang akan dilakukan. Dilanjutkan dengan observasi kepada guru yang melaksanakan proses pembelajaran, 1 orang guru kelas awal (kelas 1) dan 1 orang guru kelas atas (kelas 5). Kegiatan diakhiri dengan acara penutupan berupa ulasan kegiatan visitasi dan penyampaian rekomendasi dari para asesor. Seluruh rangkaian kegiatan selama dua hari dilaksanakan dengan daring menggunakan platform zoom meeting. Suasana pelaksanaan visitasi sangat kondusif, interaksi komunikasi yang interaktif dan efektif dengan penuh rasa kekeluargaan. Sekolah menyiapkan dokumen manajemen sekolah, mutu guru, dan proses pembelajaran secara tercetak dan digital (scanning) yang telah diupload ke SISPENA dan geogle drive. Kepala sekolah membagi tugas kepada guru dan Tas untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar berjalan dengan baik dan lancar. “Kegiatan visitasi daring akreditasi sekolah tahun 2021 di SDN Kosambi kecamatan Cikande berlangsung kondusif, baik dan lancar. Sekolah diberikan salinan kartu kendali proses visitasi, “jelasnya. (Mur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *