Sah, Ini Jadwal Hari Libur Nasional Idul Fitri dan Cuti Bersama Lebaran 2022

Jakarta | Dinamika Banten — Pemerintah Indonesia telah menetapkan Cuti Bersama Lebaran 2022 sebanyak 4 hari, yaitu pada 29 April dan 4-6 Mei.

Hal itu setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan hari libur nasional Idul Fitri 2022 dan cuti bersama Lebaran.

Libur Lebaran dan cuti bersama 2022

Diputuskan bahwa Hari Libur Nasional Idul Fitri jatuh pada 2-3 Mei 2022. Sedangkan Cuti Bersama Lebaran 2022 berlangsung selama 4 hari yakni 29 April dan 4-6 Mei 2022.

Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh Presiden Jokowi dalam keterangan pers Presiden RI terkait cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriyah, Rabu (6/4/2022).

“(Pemerintah) menetapkan Cuti Bersama Idul Fitri yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri 2021 telah menetapkan Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah pada 2 dan 3 Mei 2022. Adapun, keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih rinci melalui keputusan bersama menteri-menteri terkait.

Keputusan penetapan cuti bersama ini melengkapi instruksi Presiden Jokowi tentang mudik lebaran 2022. “Cuti bersama ini dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan orang tua, dengan keluarga, dan handai taulan di kampung halaman,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengizinkan masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik lebaran 2022 di tengah pandemi Covid-19. Mudik ini akan menjadi mudik pertama yang diizinkan oleh pemerintah setelah dua tahun sebelumnya sempat dilarang. Kendati demikian, Jokowi tetap mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dan melengkapi vaksinasi booster. Sebab, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir meskipun angka kasus di Indonesia mulai melandai.

“Kita semua harus selalu waspada. Bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” imbuh Jokowi.

Perkiraan jumlah pemudik

Perizinan mudik lebaran 2022 disambut antusias oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, pemerintah memperkirakan jumlah pemudik lebaran 2022 mencapai 85 juta orang. Sekitar 14 juta pemudik tersebut berasal dari Jabodetabek. Adapun dari total pemudik tersebut, sekitar 47 persennya akan melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar para pemudik bisa menjalankan perjalanan dengan aman dan nyaman. Nah itulah jadwal cuti bersama Lebaran 2022 resmi diumumkan oleh Presiden Joko Widodo. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *