Rektor Pertimbangkan Pramuka Masuk Jalur Khusus ke Untirta

SERANG I DINAMIKA BANTEN — Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtaysa (Untirta) Banten, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST, MT mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan prestasi di bidang kepramukaan menjadi salah satu parameter masuk menjadi mahasiswa melalui jalur khusus di Untirta.

“Kami mempertimbangkan prestasi di bidang kepramukaan menjadi salah satu parameter untuk kami pertimbangkan, dengan tetep melihat potensi kompetensi dari hasil test yang diiikuti sesuai minat prodi pilihannya,” terang Fatah kepada wartawan,Rabu (31/3/2021).

Menurut Fatah, prestasi di bidang kepramukaan diharapkan Dasadharma pramuka yang diamalkan dalam aktifitas kepramukaan juga akan menjadi modal dasar yang kuat, untuk dibina menjadi SDM (Sumber Daya Manusia) unggul yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat dan nasionalisme yang tinggi, serta ahlak mulia, yang siap berdaya saing di tingkat global. “Sementara ini masih sebagai salah satu parameter yang dipertimbangkan saat ini, karena tetep harus dilihat hasil test dan prestasi akademiknya,” terangnya.

Kendati demikian, untuk kedepannya pihak Untirta nantinya akan melakukan evaluasi lagi terkait hal tersebut.”Kedepannya kita akan evaluasi lagi terkait prestasi Pramuka masuk jalur khusus ke Untirta,” tukasnya

Sementara, pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Banten mengaku telah bekerjasama dengan empat PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dalam rangka pengembangan sektor SDM.

Ketua Kwarda Banten, Mohamad Masduki yang juga mantan wakil Gubernur Banten era Ratu Atut Chosiyah ini mengatakan, kerjasama tersebut semata mata sebagai bentuk apresiasi kepada para anggota pramuka aktif yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN. ” Ini sebagai bentuk apresiasi. Karena adik adik kita aktif di Gerakan Pramuka. Alhamdulillah, dengan Untirta sudah MoU. Dan hari ini dengan UPI. Besok dan lusa dengan UIN dan Poltekes,” ucap Masduki, Rabu (31/03).

Menurut Masduki, jalur khusus penerimaan mahasiswa baru dari pramuka ini dilakukan karena ingin pembinaan generasi muda terus dilakukan berkesinambungan. “Saya yakin dengan pembinaan yang dilakukan di Pramuka, akan memudahkan bagi PTN dalam pencapaian tujuan pengembangan pendidikan,” tukasnya (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *