Ratusan Batu Kalimaya Ikut Kontes Piala HUT Lebak 190

DBC I Lebak – Sebanyak 200 batu kalimaya mengikuti kontes Festival Pesona Kalimaya Banten yang berlangsung di Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, Minggu 2 Desember 2018.

Obay Subarna panitia pelaksana Kepada wartawan mengatakan, festival yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Lebak ini bertujuan untuk menggairahkan sekaligus melestarikan keberadaan batu kalimaya yang notabene berasal dari Kabupaten Lebak.

“Kabupaten Lebak ini sebagai pencetus batu kalimaya, keberadaannya di Kabupaten Lebal harus tetap dilestarikan,”kata Obay.

Menurutnya, festival yang juga untuk memeriahkan HUT Lebak 190 ini menurunkan 23 kelas kalimaya yang dilombakan dengan peserta mulai dari lokal Lebak, Jakarta, Bandung hingga Lampung.

“Yang dinilai keindahan batunya dari segi kembang (Jarong-red) dan bentuk proporsional batu,”ucapnya.

Obay berharap dengan adanya festival pesona Kalimaya Banten dapat menggairahkan penggiat kalimaya untuk tetap eksis dan melestarikannya di Kabupaten Lebak bahkan nasional.

“Ini kontes pertama di Lebak, kita siapkan puluhan piagam dan uang pembinaan dan reward lainnnya untuk juara pada kontes ini,”pungkasnya.

Pantauan dilapangan, ratusan peserta menghadiri kontes pagi sampai Senin dini hari. Bahkan, orang nomor satu di Kabupaten Lebak menyempatkan hadir pada acara Kontes Kalimaya.

“Kalimaya merupakan batu Permata asal Kabupaten yang sangat istimewa. Dia tidak ada ukuran harganya seperti emas dan yang lainnya,” kata Iti

(Fahdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *