Potong Hewan Qurban, Kemenag Banten Tetap Perhatikan Protokol Covid-19

Serang I DBC — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten menyembelih hewan qurban berupa satu ekor sapi dan tiga ekor domba dengan protokol kesehatan Covid-19 di halaman Mesjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Senin (03/08/2020).

Hewan qurban selanjutnya diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya seperti kaum dhuafa, anak yatim dan masyarakat sekitar lingkungan kantor kemenag.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, H. A. Bazari Syam di Serang.

”Jadi mekanismenya adalah setelah hewan disembelih kemudian dibagi, sekaligus diantar ke rumah masing-masing yakni kaum Dhuafa dan anak Yatim serta masyarakat sekitar yang berhak menerimanya, setelah mereka di data nama dan alamat masing-masing,” ungkap Kakanwil.

Menurutnya, qurban pada hakikatnya meningkatkan empati untuk bisa berbagi kepada sesama makhluk ilahi. Sehingga, sambungnya, kita dituntut untuk membangun kebersamaan, kesetiakawanan sosial, saling membantu, dan peduli terhadap sesama.

Kakanwil berharap, pemberian daging qurban di hari raya Idul adha 1441 Hijriyah, bahkan di era pandemi Covid-19 yang sangat memprihatinkan ini kiranya dapat diterima dan dinikmati, karena merupakan Syariah yang dianjurkan dalam Agama Islam.

Ia juga menyebut bahwa secara keseluruhan total hewan kurban di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi sebanyak 13 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Namun penyembelihan dan pendistribusiannya dilakukan di kantor kemenag masing-masing kabupaten dan kota.

“Total ada sebanyak 13 ekor sapi dan 5 kambing. Semua terebar di kabupaten dan kota. Di kab. Tangerang 6 sapi, Kota Tangerang 4 sapi, Kab. Pandeglang 2 ekor sapi dan kanwil 1 ekor sapi dan 3 kambing. Dan kemungkinan masih banyak satker di lingkungan Kanwil Kemenag Banten lainnya yang belum sempat melaporkan,” ucapnya.

Penulis : dinamikabanten.co.id
Editor : Ade Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *