Polda Banten dan Kanwil Kemenag Komitmen Tingkatkan Sinergitas

Serang I DBC — Polda Banten dan Kanwil Kemenag sepakat membangun komitmen meningkatkan sinergitas terkait isu kerukunan umat beragama (KUB), berperan aktif dalam meringankan beban masyarakat dan pencegahan penyebaran ditengah bencana pandemik Covid-19.

Hal itu terungkap dalam silaturahmi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten, Irjen Drs. Fiandar didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Edy Sumardy dengan Kepala Kanwil Kemenag Prov. Banten, H. A. Bazari Syam didampingi Kabag TU, Mahfudin. Hadir juga dalam pertemuan tersebut Ketua MUI sekaligus Ketua FKUB, H. Romly di Gedung Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Kamis (14/5/2020).

Kepala Kanwil Kemenag Banten menyampaikan terkait peran kemenag dalam pencegahan dan dampak covid 19, yakni mengoptimalkan peran penyuluh agama dalam memberikan kesadaran pada masyarakat kaitan dengan instruksi- instruksi  Menteri Agama, fatwa MUI pusat, dan Instuksi Kapolri.

Diharapkan, katanya, dilapangan adanya sinergi /kerjasama yang baik antara penyuluh agama dengan jajaran kepolisian dalam mengawal musibah covid 19 ini. “Insya Allah akan ada pertemuan lanjutan utk membahas teknis pelaksanaan dilapangan,” ucapnya.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan bahwa Kemenag sudah dan terus berbuat membantu penyediaan APD kesehatan yang dibagikan kepada masyarakat,  juga membantu meringankan beban masyarakat melalui pembagian sembako. “Sampai saat ini sudah  .4.250 bingkisan sembako yang telah kami dibagikan,” tukasnya.

Sementara itu, Kaploda Banten menyampaikan ucapan terimakasih atas silaturahminya dan mengapresiasi atas kinerja kemenag dan MUI Banten. Ia juga merespon positip untuk berkerjasama, sebab diakuinya penyelesaian corona tidak akan selesai hanya oleh pihak kepolisian.

“Pemda, Kemenag, MUI dan instansi lainnya memiliki peran yang sama sama penting,” ungkapnya.

Ia menyampaikan sebuah gagasan inovasi bahwa perlu ada kampanye secara masip dalam penanganan dan penyadaran masyarakat terkait dengan wabah ini melalui sarana digital.

Di lokasi yang sama Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan, kunjungan kerja tersebut sekaligus membahas upaya yang akan dilakukan dalam menghadapi perayaan Idul Fitri di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sesuai adanya anjuran pemerintah, Maklumat Kapolri dan surat Edaran Menteri Agama Nomor 6/2020, kata Edy Sumardi, Polda Banten bersama dengan instansi terkait dan melibatkan para tokoh ulama serta agama akan terus melakukan langkah preemtif, preventif dan edukatif dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Semoga masyarakat memahami dan dapat  bekerjasama dalam memutus mata rantai covid-19,” pungkasnya.

Penulis : dinamikabanten.co.id
Editor : Ade Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *