PISMAS Ingin Wujudkan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam

SERANG | DINAMIKA BANTEN — Bertepatan dengan peringatan Harlah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) yang ke 32 yang digelar Masjid Agung Ats-tsauroh Kota Serang, dalam rangkaian acara tersebut juga melaksanakan pelantikan pengurus Pemuda Islam Masjid Agung Ats-Tsauroh (PISMAS) Kota Serang, Selasa (22/03).

Melalui kerjasama antara Pemerintah Kota Serang, PW IPHI Banten dan segenap elemen lainnya rangkaian acara tersebut berlangsung dengan lancar.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Wali kota Serang H. Syafrudin, S.Sos, M.Si. dengan jumlah pengurus yaitu 50 orang dimana Saifudin sebagai Ketua dan Husni Abdul Azis sebagai Wakil Ketua.

Wakil Ketua PISMAS Ats-Tsauroh kota Serang Husni Abdul Aziz, S. Pd menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya PISMAS ini ialah untuk menjadikan masjid sebagai pusat peradaban umat islam terutama lewat peran serta pemuda.

“Karena masjid kota serang ini merupakan titik sentral warga kota serang dan umumnya provinsi Banten serta yang dari luar juga. Harapannya tentu yang baik-baik, pemuda-pemuda khususnya pemuda kota Serang bisa terlibat aktif di beberapa liding sektor, terutama di sektor keagamaan ini, jadi memang peranan masjid itu bukan serta-merta hanya untuk ibadah yang sifatnya hablumminallah saja tapi hablumminannas juga penting,” ucapnya.

Dari hal tersebut, ia memaparkan bahwa anak muda dapat terlibat aktif di berbagai tempat dan elemen. Sehingga dalam hal ini peran serta pemuda sangatlah dibutuhkan khususnya untuk kaum remaja agar mau berkembang.

Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tarbiyah itu juga mengungkapkan bahwa PISMAS akan menjalanlan program-program unggulan guna mendukung cita-cita bersama.

“Untuk program unggulan karena ini mendekati bulan suci ramadhan jadi pasti kita akan menyambut bulan ramadhan dangan baik. Karena momentum ramadhan itukan sangat luar biasa dan sangat dirindukan. Jadi di awal, ditengah, dan di akhir itu kita bisa menyambutnya dengan pesantren kilat atau pesantren ramadhan bagi remaja-remaja di kota Serang kita pusatkan di Masjid Agung Ats-Tsauroh kota Ssrang, kemudian malam nudzulul qur’an dan sebagainya,” ungkapnya.

Azis menuturkan bahwa kegitan mungkin akan lebih berpusat pada bulan ramadhan, terutama di akhir bulan akan mengadakan kegiatan puncak berupa gema takbir se-Kota Serang.

“Dan di akhir ramadhan rencanya kami akan mengadakan gema takbir se-Kota Serang, nanti kita mintai perwakilan dari Kecamatan-kecamatan yang ada di kota Serang ini untuk kemudian kita lombakan. Jadi untuk sementara seperti itu, karena memang ini pengurus baru kita juga menunggu raker dan mempersiapkan hal-hal lainnya,” tutup Aziz. (Hendris/Satiri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *