Pengawas Cikande Buka IHT di SDN Sumurhejo

SERANG I DINAMIKA BANTEN — Pengawas Pembina sekolah dasar kecamatan Cikande, Hj. Dewi Lestari, M.Pd membuka kegiatan In House Training di ruang kelas SDN Sumur Hejo, Desa Leuwilimus, Kamis (11/11).

Hj. Dewi Lestari mengatakan dalam Permendikbud nomor 6 tahun 2009, Kementrian Pendidikan membentuk dan menunjuk Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) hal utama menyiapkan calon kepala sekolah dan memiliki sertifikasi layak menjadi pemimpin melalui seleksi administrasi dan seleksi akademik. Dikatakan Hj. Dewi, seleksi administrasi mensyaratkan minimal memegang gelar S1, dan pengalaman 5 tahun sebagai pendidik. Untuk seleksi akademik, penilaian dilakukan melalui potensi kepemimpinan. “Calon Kepala Sekolah (CKS) ibu Robiatus Sa’adiyah menganalisis ditemukan ada kekurangan aneka sumber belajar maka solusinya dengan mengadakan IHT ini,”kata Hj. Dewi Lestari.

Ketua panitia pelaksana Robiatus Sa’adiyah, S.Pd mengatakan, setelah On The Job Training (OJT) 1 dilanjutkan In Service Learning (IST) 1 kemudian OJT 2 dengan mengadakan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK), Kajian manajerial, peningkatan Kompetensi (PK). RPK dilaksanakan di SDN Magang 1 dan Kajian Menejerial (KM) dilaksanakan di SDN Magang 1 dan SDN Magang 2. PK dilaksanakan di SDN Magang 2. Setelah semua dilaksanakan membuat laporan kegiatan OJT2 (Rencana Tindak Lanjut) yang akan dipertanggung jawabkan pada pelaksanaan IST 2.
Salah satu tugas CKS adalah menganalisis salah satu sekolah dan hasilnya ditemukan kurang aneka sumber belajar bagi guru dan siswa kurang berfikir serta bertindak maka diadakan IHT untuk meningkatkan mutu pembelajaran. “IHT ini tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dan sasarannya para guru SDN Sumurhejo,”kata Robiatus Sa’adiyah.
Sementara itu, Kepala UPT SDN Sumur Hejo, Nasihin, S.Pd menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh guru mengikuti IHT dan merasa bangga dengan IHT, CKS dapat melihat kekurangannya yakni aneka sumber belajar. Analisis ini nantinya dapat diimplementasikan di Kelompok Kerja Gugus. “Selamat datang kepada ibu Pengawas dan narasumber (Elis Warningsih. Mohon maaf atas kekurangannya. Tolong berikan masukan untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar,”harap Nasihin. (Mur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *