Pemerintah Kabupaten Lebak Dukung Penerapan Aplikasi E-Berpadu

LEBAK | DINAMIKA BANTEN – Sebagai tindak lanjut peluncuran aplikasi e-Berpadu (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) oleh Mahkamah Agung, para Aparat Penegak Hukum (APH) di wilayah hukum Pengadilan Negeri (PN) Rangkasbitung bersama Pemerintah Kabupaten Lebak melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama, sosialisasi, dan koordinasi penerapan aplikasi e-Berpadu, Senin (30/1/2023).

Acara dibuka langsung oleh Bupati Lebak, Ketua Pengadilan Negeri Rangkasbitung, Kepala Kepolisian Resor Lebak, Kepala Kejaksaan Negeri Lebak, dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak.

Pemerintah Kabupaten Lebak menyambut baik program aplikasi e-Berpadu sebagai upaya mewujudkan digitalisasi administrasi perkara pidana dan memangkas prosedur birokrasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan perkara pidana dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang prima.

Ketua PN Rangkasbitung, Iriaty Khairul Ummah mengatakan aplikasi e-Berpadu merupakan wujud dari upaya peradilan modern dimana dokumen berkas perkara pidana hanya perlu diajukan secara digital dan masyarakat pun bisa melihat hasil akhir dari sebuah perkara.

“Inovasi yang diluncurkan Mahkamah Agung ini mempermudah pengajuan berkas perkara dalam bentuk digital sehingga teman-teman yang berada di wilayah yang jauh pun dapat menghemat waktu dan biaya. Semoga kita semua dapat mengimplementasikan aplikasi ini secepatnya sesuai dengan target yang telah kita tetapkan,” kata Iriaty.

“Kami sangat menyambut baik aplikasi e-Berpadu untuk mendorong digitalisasi administrasi perkara pidana dan itu sejalan dengan resolusi Pemda Lebak 2023 ‘Go Digital’, dengan begitu penyelenggaraan pemerintahan diharapkan dapat akuntabel, efektif, dan efisien, serta dapat mewujudkan pelayanan publik yang lebih prima,” ucap Iti.

Ia pun mengajak kepada seluruh pihak terkait untuk mendukung penerapan aplikasi e-Berpadu sehingga tercipta sinergitas diantara APH dalam mewujudkan kepastian hukum yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

“Saya mengajak kepada seluruh pihak terkait untuk mendukung pelaksanaan aplikasi ini. Seluruh aparat penegak hukum dapat bersinergi sehingga data administrasi penanganan berkas perkara tindak pidana dapat terintegrasi yang akhirnya akan memberikan kepastian hukum yang lebih baik bagi masyarakat,” imbuhya. (Gun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *