MI Daar Muflihin Gelar ANBK Mandiri

SERANG | DINAMIKA BANTEN


Madrasah Ibtidaiyah Dasar El Muflihin kecamatan Cikande, Kabupaten Serang menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dari Senin-Selasa (22-23/11/21) secara mandiri, di ruang kelas, Senin (22/11).
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Daar El Muflihin, ustad Satibi Salim, M.Pd.i menyampaikan
Kegiatan ANBK diikuti 24 siswa siswi kelas 5. Dilaksanakan 2 gelombang, setiap gelombangnya dua sesi, pagi dan siang. Tadi pagi, sempat ada kendala, listrik padam dari jam 06.00 Wib dan jam 08.30 Wib baru nyala. “Kegiatan asesmen nasional ini kita tugaskan beberapa guru. Untuk proktornya Suci Aliyatun Nisa, S.Pd. teknisinya Bayinudin, A.Md, pengawas ruang Nani Nuraini,”kata ustad Satibi Salim.
Di tempat yang sama, panitia Asesemen Nasional, Nani Nuraini menyebutkan untuk hari pertama pelaksanaan asesmen pada sesi pertama diikuti 12 anak dan sesi kedua 12 anak. Materi sesi satu dan sesi dua, literasi, survei karakter dan lingkungan. Hari kedua besok, Selasa (23/11) materinya numerasi survei karakter dan lingkungan belajar. Sedangkan 13 guru dan kepala madrasah juga mengisi survei lingkungan belajar.
Nani menambahkan, sebelumnya, pada 8 sampai 19 November 2021, siswa siswi telah mengikuti asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI). Yang digelar dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Pada tahun ini, tercatat ada 72 MI di kabupaten Serang yang mengikutinya. Untuk tahun depan, AKMI dilaksanakan di semua jenjang dari Madrasah Ibtidaiyah sampai Madrasah Aliyah.
“Untuk di MI Daar El Muflihin AKMi dilaksanakan 11-12 November 2021,”kata Nani.
Menurut Nani, baik AKMI maupun ANBK diharapkan dapat meningkatkan literasi membaca bagi siswa siswi, tumbuh berkembang minat bacanya. Pojok baca atau sudut baca sudah diterapkan di madrasah ini sekitar 4 tahun lalu dan rencananya akan membuat taman literasi membaca bagi siswa karena fasilitas ini menjadi prioritas bagi siswa.
Peserta asesmen, Alif Ghali Fairus dan Intania Dara Jelita mengaku senang bisa mengikuti asesmen hari ini dengan baik. Selanjutnya Mereka akan mempersiapkan diri untuk menjalani Asesmen hari kedua besok. (Mur).

Peserta ANBK, Alif Ghali Fairus, Intania Dara Jelita. Pelaksaan sesuai dengan pos yang dijabarkan dalam dalam Juknis asemen nasional berbasis komputer. Sebelumnya telah melaksanakan Asesmen kompetensi madrasah indonesia mulai tanggal 8 sampai 19 November, sesuai dengan jadwal madrasah. “Disini akmi dilaksanakan 11-12 November,”dari Kementrian Agama pusat tahun ini untuk kab Serang ada 72 mi yang mengikuti akmi tahun depan semua jenjang dari mi sampai madrasah Aliyah. (Murjiman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *