Mengungkap Sosok Syech Ki Sahal, Ulama Mashur Abad 18 Masehi

DINAMIKABANTEN.CO.ID — Mungkin warga Banten banyak yang belum mengetahui bahwa di depan Polsek Kota Serang, tepat nya di TPU Lopang Cilik Kecamatan Serang Banten terdapat sebuah makam Ulama yang cukup mashur pada zamannya.

Dialah Syech Ki Sahal yang menurut Ahmad Djati(35), narasumber yang ditemui dinamikabanten.co.id menceritakan bahwa Makam ini adalah makam seorang ulama aliran Tasawuf yang hidup pada abad 18 masehi.

Syech Ki Sahal terlahir dari keluarga Ulama Banten Utara, dia adalah Syech Ciliwulung Cakung, saudara dari Ki Sahal dan Syech Jaga Lautan yang masih kerabatnya.

Masih menurut narasumber yang juga keturunan dari Syech Ki Sahal mengatakan bahwa beliau adalah Tokoh agama di Banten yang riwayat nya juga tersebutkan dalam Mukadimah Kitab Nashoihul Ibad yang isinya menceritakan bahwa syech Nawawi Tanara Banten sempat menimba ilmu agama kepada Syech Ki Sahal Lopang.

Makbaroh ini mungkin bisa menjadi referensi bagi para Pecinta Ziarah Waliallah. Semoga bermanfaat dan mendapat karomah dan Rahmat Allah Swt.

Penulis : Hendri Sasdiana
Editor : Ade Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *