Menag RI Berikan Pembinaan Pada ASN Kemenag Banten

Serang I DBC — Menteri Agama Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi memberikan pembinaan pada ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Banten. Fahrul tiba di Kanwil Kemenag usai terlebih dahulu mengunjungi UIN SMH Banten, Kamis (6/8/2020).

Hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Provinsi Banten, H. A. Bazari Syam, Kabag TU, Mahfudin, seluruh Kepala Bidang dan seluruh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota Se-Banten.

“Pertama saya ingin menyampaikan apresiasi atas kerja keras Kakanwil dan jajaran dalam menata tugasnya masing guna mewujudkan Kemenag lebih baik. Terus lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Menag RI mengawali sambutannya di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Kota Serang.

Menag mengatakan dalam situasi seperti ini seluruh pegawai Kemenag ditekankan untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin.

“Kalau kesehatan baik, Insha Allah kita bisa melakukan tugas dengan baik pula. Untuk itu protokol kesehatan harus benar-benar ditaati. Tidak usah main-main lah dengan protokol kesehatan,” pesannya.

Disisi lain, Menag menyampaikan terdampak hikmah besar dari Covid-19 yaitu kerukunan umat beragama semakin kokoh.

“Dalam situasi seperti ini semua bersatu bahu membahu melawan Covid-19. Kita tidak tanya apa agama bidannya dan dokternya. Tidak juga menanyakan dari mana alat kesehatan nya maupun penyandang dananya. Kita semua fokus agar terbebas dari Covid-19,” kata Fachrul Razi.

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga menyampaikan sejumlah pesan Presiden Joko Widodo bahwa melakukan tugas tidak hanya mengikuti rutinitas melainkan harus terus berimprovisasi dan berinovasi untuk kemajuan Bangsa.

“Dan yang paling ditekankan Pak Presiden ialah serapan anggaran. Beliau meminta agar percepat serapan anggaran demi pembangunan dan pemulihan ekonomi masyarakat” katanya.

Namun demikian, kata Menag, percepat serapan bukan juga seperti ‘dibuang-buang’ begitu ya, melainkan harus tetap memperhatikan tolak ukur dan capaian kinerja.

Hingga saat ini, Fachrul Razi menyampaikan serapan anggaran Kementrian Agama RI mencapai 48,8 persen. “Kita targetkan pada September ini Kemenag sudah mencapai 70 persen. Untuk itu jajaran Kanwil Kemenag Banten juga harus percepat serapan anggaran sesuai dengan yang telah ditargetkan,” pintanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag, H. A. Bazari Syam menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Menag RI di Aula Kanwil Kemenag Prov Banten. “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan dan keselamatan dalam mengemban tugas-tugas besar dalam berbangsa dan bernegara,” ucap Bazari mendoakan.

Selanjutnya, Bazari Syam melaporkan secar singkat profile kondisi wilayah dan penduduk di Provinsi Banten. Dari luas wilayah, jumlah penduduk dan kultur masyarakat Banten. Ia juga menerangkan pemeluk agama di Banten mayoritas beragama Islam, kemudian diikuti Budha, Kristen, Katolik, Hindu dan Konghu Cu.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi didamping Kakanwil Kemenag sekaligus melaunching program KUA Keren dan Bermartabat. “Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrohim saya melauching Program KUA Keren dan Bertmartabat” kata Menag diikuti seluruh hadirin.

Penulis : dinamikabanten.co.id
Editor : Ade Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *