Maksimalkan Pelayanan, Kepala Kemenag Kab. Tangerang Gencar Lakukan Monitoring KUA

Tangerang | Dinamika Banten – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang H. A. Baijuri, S.Pd.I, M.Si tengah gencar melakukan monitoring ke sejumlah Kantor Urusan Agama (KUA). Itu dilakukan untuk melihat layanan tata kelola administrasi dan kinerja KUA.

“Monitoring ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kepala dan pegawai KUA telah melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing,” katanya saat meninjau KUA Kec. Rajeg, Kab. Tangerang, Jumat (18/2/2022).

Ia melanjutkan, sebagai garda terdepan Kementerian Agama, Monitoring merupakan agenda rutin Kakemenag Kabupaten Tangerang guna meningkatkan pelayanan yang prima. “Semua petugas KUA wajib memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan berdasarkan pada aturan yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Dengan majunya teknologi informasi elektronik kata Baijuri, pelayanan KUA semakin berkembang dengan munculnya bermacam-macam aplikasi guna mendukung program pemerintah dalam reformasi birokrasi yang cepat, tepat sasaran, mudah disetiap layanan.

“Semua pegawai KUA wajib mengerti, paham dan bisa mengoprasikan aplikasi-aplikasi penunjang KUA, seperti Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), Elektronik Monitoring (e-Monitoring) KUA, Sistem Informasi Masjid (SIMAS), dan Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa semakin cepat dan mudah” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan dengan adanya monitoring diharapkan mampu mendorong dan memaksimalkan bentuk pelayanan KUA ke masyarakat. “Masyarakat pasti akan menilai setiap pelayanan yang telah diberikan, jika masyarakat puas berarti KUA telah berhasil menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar,” katanya.

Selain meninjau layanan tata kelola administrasi dan kinerja KUA, Kakemenag juga memonitoring kondisi bangunan KUA seperti ruangan nikah dan daftar nikah, plafon, papan informasi, dan juga memastikan langsung penerapan protokol kesehatan yang dilakukan di KUA. Kec. Rajeg tersebut, mengingat KUA merupakan unit pelaksana teknis Bimas Islam yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Masyarakat harus mencuci tangan dan juga menggunakan hand sanitizer sebelum masuk pintu, pastikan juga cek terlebih dahulu suhu badannya dan atur juga jaga jarak antara pengunjung. Walaupun cuman sebentar tetap protokol kesehatan hal yang utama dijalankan,” tegasnya.

Uniknya, kehadiran Kakemenag pada hari ini bertepatan dengan jadwal peristiwa nikah sepasang pengantin di KUA Rajeg. Dan ia pun diminta untuk turut menyaksikan prosesi akad nikah tersebut. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *