MA dan MTs di Banten 100 Persen Gelar UNBK

DINAMIKABANTEN.CO.ID,-SERANG I Zaman now, Ujian Nasional tak lagi direpotkan oleh persiapan pensil 2B, penghapus, kertas, pulpen, penggaris, alas, dan hal teknis lainnya. Pasalnya sejak dua tahun ini ujian sudah menggunakan sistem komputer yang dikenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Komputer sudah disiapkan, peserta ujian tinggal mempersiapkan kemampuan penggunaan komputernya saja.

Seluruh Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri maupun swasta di Banten akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2019.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Idris Jamroni mengatakan, alhamdulillah penyelenggaraan UNBK di MA dan MTs negeri maupun swasta sangat luar biasa peningkatannya. Tahun lalu telah lebih dari 90 persen MA menyelenggarakan UNBK, tahun ini dipastikan 100 persen MA bisa menyelenggarakan UNBK.

Idris menjelaskan, MA akan menyelenggarakan UNBK pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Sementara UNBK susulan untuk MA akan diselenggarakan pada 15-16 April 2019. Kemudian, imbuhnya, MTs akan menyelenggarakan UNBK pada 22 – 25 April 2019. Sementara UNBK susulannya akan diselenggarakan pada 29 – 30 April 2019.

“Dari 8 kabupaten/kota keikutsertaan madrasah dalam UNBK tinggi, alhamdulillah dalam kondisi apa adanya kita bisa mewujudkan hal yang seperti itu,” ujarnya.

Irdis mengatakan, tahun ini Kemenag menyelenggarakan UNBK yang kedua. Insya Allah kesiapan penyelenggaraan UNBK lebih siap tahun ini dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, UN bukan sekedar ujian formalitas karena salah satu tujuan UN untuk menguji integritas anak-anak bangsa. Juga supaya mereka bisa mengetahui hasil yang dicapai mereka selama belajar di madrasah. “Hindari perilaku yang kurang terpuji, UNBK Insya Allah secara tak langsung mengajak siswa berprilaku jujur,” ujarnya.

Idris berpesan kepada siswa madrasah di seluruh wilayah Banten untuk bersiap-siap menghadapi UNBK. Tapi tidak perlu panik, sebab UN tidak menjadi syarat kelulusan. Meski demikian siswa madrasah tetap diminta sungguh-sungguh dalam UNBK.

Kasi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Penmad Kanwil Kemenag Banten, Hidayat Mustafid menambahkan secara teknis panitia penyelenggara UNBK di daerah masih berada di Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

“Namun demikian dari sisi pelaksanaan kami semua tentu bertanggungjawab. Apresiasi juga perlu kami sampaikan kepada teman-teman di Dinas Pendidikan atas kerja keras mereka sehingga target 100 persen UNBK sekolah dan madrasah di Banten bisa tercapai dengan baik,” kata Mustafid.

Menurutnya, Ujian Nasional berbasis komputer terbukti lebih efektif, efisian, dan akuntabel. Karena itu Bidang Pendidikan Madrasah bertekad UNBK untuk seluruh madrasah se-Banten.

Dikatakan Mustafid, Jika UNBK ini berhasil 100% maka ujian-ujian madrasah lainnya akan semakin mudah. Ada ujian madrasah, ujian akhir madrasah berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

“Bahkan bila perlu ujian kenaikan kelas dan lainnya semua berbasis komputer. Hal ini untuk meningkatkan integritas, kejujuran dan akuntabelitas penyenggaraan ujian maupun ulangan,” tambahnya.

Ia menjelaskan UNBK adalah salah satu instrumen untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Ini penting, karena kita sudah harus memperluas dan memeratakan mutu pendidikan madrasah, tidak sekedar memperluas akses.

“Naiknya kepercayaan masyarakaat terhadap madrasah harus kita sambut dengan peningkatan kejujuran, akuntabilitas dan integritas penyelenggaran pendidiakan melalui UNBK ini,” imbuh Mustafid.

Mustafid berharap pelaksanaan UNBK MA dan MTs di Banten berjalan lancar. “Semoga dalam pelaksanaannya berjalan lancar tidak ada kendala yang berarti. Tidak mati listrik dan jaringan internet juga bagus,” harapnya.

Mustafid juga mendoakan agar seluruh jajaran kepanitian yang terlibat dalam UNBK selalu diberikan kesehatan sehingga bisa terus mengawal UNBK agar tetap berjalan lancar. “Demikian pula untuk para siswa peserta UNBK bisa meraih hasil yang maksimal,” harapnya.

(Ade Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *