Kunjungan Perpustakaan Banten Lampaui Target

DBC I SERANG – Angka kunjungan pelajar dan masyarakat ke Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Banten melonjak melebihi target 500 pengunjung dalam sehari yang ditentukan Pemerintah Pusat.

“Pada tahun ini, kami telah banyak melakukan trobosan hingga mempunyai konsep untuk bertujuan meningkatkan minat baca di Perpustakaan Daerah Provinsi Banten. Serta optimalisasi mobil perpustakaan keliling dan inovasi program lainnya juga menjadi salah satu upaya meningkatkan generasi literasi yang gemar ke perpustakaan,” ungkap Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Banten, Ardius Prihartono kepada dinamikabanten.co.id di Serang, Kamis (25/10/2018).

Ardius mengatakan untuk target pengunjung di tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan. Pengunjung ke perpustakaan dari berbagai kalangan, dan yang lebih didominasi dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga menggencarkan program perpustakaan daerah sebagai upaya meningkatkan literasi di kalangan masyarakat. Dengan mengampanyekan peningkatan minat baca di semua kalangan, agar kehadiran perpustakaan ini sangat dirasakan untuk masyarakat.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Banten, Ardius Prihartono tengah meninjau pengunjung Perpustakaan Banten.

“Sehingga perpustakaan diharapkan tidak hanya digunakan sebagai tempat membaca, tetapi juga menjadi tempat untuk berkumpul dan memadukan berbagai ide, dengan program literasi ini. Jadi tidak hanya datang untuk membaca, namun juga dipahami dan diterapkan sehingga menghasilkan untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga menandatangani MoU bersama sejumlah lembaga pendidikan dari berbagai tingkatan yaitu dari TK, SD, SMP dan SMA/SMK dalam hal guna meningkatkan kunjungan serta meningkatkan minat baca bagi pelajar.

Dalam kesepakatan itu, agar sekolah yang ada di Banten mewajibkan mengarahkan anak didiknya berkunjung ke perpustakaan selepas sekolah. “Bagi pelajar yang ingin datang ke Perpus, kami menyediakan fasilitas antar jemput ke sekolah untuk pelajar. Dan pustakawan kita juga mendatangi sekolah-sekolah yang jauh,” ujarnya

Ia melanjutkan, tahun 2018 ini diharapkan bisa menambah koleksi buku. Saat ini, katanya, kami memiliki koleksi sebanyak 53.308 judul dengan jumlah 141.668 buku. Selain itu, dikatakan meningkatnya jumlah kunjungan tidak lepas dari upaya pihaknya memberikan inovasi, agar masyarakat tertarik datang ke perpustakaan.

“Kita buka perpustakaan dengan rentang waktu yang cukup panjang yakni dari pagi hingga sore hari. Dengan fasilitas menambah daya tarik perpustakaan adalah tersedianya ruang audio visual, ruang diskusi, ruang referensi, perpustakaan keliling, internet gratis,” ucap Ardius.

Dengan adanya fasilitas yang disediakan, masyarakat semakin tertarik berkunjung ke perpustakaan. Sehingga minat baca masyarakat di Banten ini semakin meningkat setiap tahunnya. (ade gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *