KONI Pusat Minta Tingkatkan Prestasi Olahraga di Banten

SERANG | DINAMIKA BANTEN – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman melantik Edi Ariadi sebagai Ketua KONI Banten dan anggota KONI Provinsi Banten masa Bakti 2021-2025 di Pendopo Lama Gubernur Banten, Rabu (2/2/2022).

Edi Ariadi menjadi Ketua KONI Banten menggantikan pimpinan sebelumnya, yakni Rumiah Kartoredjo yang telah habis masa kepengurusannya pada 2021 lalu.

“Sebelumnya Banten prestasinya ke-13 di Jabar, kemudian kemarin di Papua ke-14. Tapi untuk pak Edi saya rasa mampu untuk masuk ke-10 besar,” ujar
Marciano saat menyampaikan sambutan, Rabu (2/2/2022).

Ia mengatakan Banten merupakan daerah yang sangat strategis, sama dengan DKI Jakarta.

Artinya prestasi olahraga Banten, kata dia, tidak boleh tertinggal terlalu jauh dengan DKI Jakarta.

Sehingga ia berharap KONI Banten yang diketuai oleh Edi Ariadi bisa membawa Banten masuk peringkat ke-10.

Di samping itu, ia juga menyampaikan bahwa pemerintah telah mengeluarkan desain besar olahraga nasional.

Di mana dalam desain besar olahraga nasional itu, pemerintah memprioritaskan 14 cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

“Oleh karenanya KONI Banten harus memprioritaskan dengan desain besar olahraga nasional itu,” ungkapnya.

Menurutnya saat ini peringkat Indonesia di Olimiade berada di peringkat 50-an. Maka dari itu, kata dia, diharapkan pada Olimiade tahun 2024 di Paris, dirinya berharap agar Indonesia bisa masuk peringkat ke-30 besar.

Sedangkan di tahun 2032, ia berharap agar Indonesia bisa masuk peringkat ke-10 besar

“Pada tahun 2044 nanti, bersamaan kita menyosong 100 tahun kemerdekaan Indonesia pemerintah menargetkan kita masuk peringkat ke-5 dunia,” ucapnya.

Oleh karenanya, lanjut dia, para pengurus KONI agar konsentrasi pada pembinaan olahraga unggulan.

“Hal ini semoga bisa menjadi atensi pak Gubernur dan para pengurus KONI. Jangan semua kabupaten/kota membina semua cabang olahraga , tapi setiap kabupaten/kota harus mempunyai cabor unggulan,” ucapnya.

Gubernur Banten, Wahidin Halim juga berharap kepada para pengurus KONI Banten yang baru agar bisa meningkatkan prestasi.

Dari peringkat ke-13 diharapkan bisa masuk 10 besar, serta meningkatkan pembinaan olahraga di Banten.

“Menurut saya beliau selama di pemerintahan, kemampuan manajerialnya bagus. Bagaimana mengelola ini menjadi sebuah organisasi yang besar dengan baik, pemerintah memberikan supporting,” ucapnya.

Ketua KONI Banten Edi Ariadi optimis akan membawa cabang olahraga di wilayah Banten meraih banyak prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Intinya kedepan semua cabor di Provinsi Banten harus lebih baik. Dan jadi tidak semua kabupaten/kota membina semua cabang yang kira-kira seperti apa nggak nanti ada grand desainnya, termasuk kita. Provinsi juga sama, mana yang lebih potensial. Jangan semua pengurus cabang juga minta jadi prioritas,” ucapnya. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *