Komposisi Pengisian Esselon II Dikritik, Pejabat Perempuan Mulai Ikut ‘Bertarung’ Dalam Open Bidding

Serang I Dinamika Banten — Sebanyak tiga pejabat perempuan esselon III turut serta dalam perebutan posisi esellon II pada tujuh OPD yang tengah dilelang oleh Pemkot Serang.

Ketiga pejabat tersebut ialah Ida Dahlia, Kabag Organisai, Dr. Teja Dirut RSUD Kota Serang dan Wiwi Wijayanti Dinsos Banten.

Pengamat Kebijakan Publik yang juga Ketua Solidaritas Pemuda Banten (Sdanten) Ahmad Jati mengungkapkan keikutsertaan pejabat perempuan dalam kancah pengisian jabatan setingkat esselon dua merupakan langkah maju Pemkot Serang dengan memberikan ruang perempuan untuk berkontribusi lebih jauh dalam pembangunan di Kota Serang.

“Sepanjang saya amati nyaris seluruh pejabat esselon dua di lingkungan Pemerintahan Kota Serang diisi laki-laki. Sehingga kalau boleh menilai pejabat perempuan disini terkesan tidak berkompeten mengisi jabatan esselon dua. Atau mungkin saja selama ini Walikota Serang memang kurang begitu memberikan peran dan kepercayaan,” ucapnya kepada Dinamika Banten, Kamis (16/9/2021).

Padahal menurutnya, jika pejabat perempuan diberikan kepercayaan tentu akan memberikan warna tersendiri. Naluri keibuan mereka biasanya mampu menghadirkan suasana tersendiri saat melakukan rapat atau diskusi dalam forum apapun.

Jati mengaku tidak memiliki kepentingan apapun kaitan open bidding yang saat ini tengah berproses. Dia hanya prihatin soal komposisi pengisian pejabat esselon dua. “Saya tidak punya kepentingan apa-apa, kenal saja enggak sama peserta-nya,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin, mengatakan bahwa seleksi jabatan sampai tengah berlangsung dan dia menyebutkan tiga nama pejabat perempuan yang ikut serta.

“Peserta perempuan ada yang ikut yaitu Ibu Ida, Dr Teja Direktur RSUD dan Ibu Wiwi Dinsos,” ucapnya.

Nanang mengarahkan untuk konfirmasi teknis agar mengubungi Badan Pengembangan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang.

Selanjutnya, dihimpun dari berbagai media Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi Bin Muhsinun mengatakan, ada tujuh jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang sedang open bidding.

Tujuh jabatan itu yakni kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo).

Kemudian, Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang akan berakhir pada awal November. (Hendris/Satiri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *