Ketua DPRD : Pak Wali Jangan Remehkan Kemampuan Pejabat Perempuan

Serang I Dinamika Banten — Ketua DPRD kota Serang Budi Rustandi meminta Walikota Syafrudin untuk tidak meragukan kompetensi perempuan dalam memimpin sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pasalnya diberbagai daerah baik pejabat birokrasi maupun pejabat politik kiprah perempuan terbukti mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan.

“Jadi Pak Wali seharusnya jangan meremehkan kemampuan manajerial seorang perempuan. Perlu diketahui dalam berbagai persoalan, pejabat perempuan juga mampu mencari sebuah solusi,” ucapnya.

Menurutnya, melalui open bidding ini sebenarnya bisa menjadi kesempatan walikota untuk menjawab berbagai kritik maupun atensi masyarakat kaitan pelibatan perempuan.

“Jika itu bisa dilakukan tentu akan membuka sejarah baru bahwa Walikota telah mulai mengakomodir pejabat perempuan untuk berkontribusi lebih dalam pembangunan. Sampai detik ini, sejarah masih mencatat belum pernah ada pejabat perempuan memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Serang,” cetus Politisi Partai Gerindra ini.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak tiga pejabat perempuan esselon III turut serta dalam perebutan posisi esellon II pada tujuh OPD yang tengah dilelang oleh Pemkot Serang.

Ketiga pejabat tersebut ialah Ida Dahlia, Kabag Organisai, Dr. Teja Dirut RSUD Kota Serang dan Wiwi Wijayanti Dinsos Banten.

Pengamat Kebijakan Publik yang juga Ketua Solidaritas Pemuda Banten (Sdanten) Ahmad Jati mengungkapkan keikutsertaan pejabat perempuan dalam kancah pengisian jabatan setingkat esselon dua merupakan langkah maju Pemkot Serang dengan memberikan ruang perempuan untuk berkontribusi lebih jauh dalam pembangunan di Kota Serang.

“Sepanjang saya amati nyaris seluruh pejabat esselon dua di lingkungan Pemerintahan Kota Serang diisi laki-laki. Sehingga kalau boleh menilai pejabat perempuan disini terkesan tidak berkompeten mengisi jabatan esselon dua. Atau mungkin saja selama ini Walikota Serang memang kurang begitu memberikan peran dan kepercayaan,” ucapnya. (Hendris/Satiri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *