Kepala BKD Jamin Seleksi Sekda Banten Sesuai Aturan

DBC I Serang – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin menyatakan, proses dan seleksi sudah sesuai dengan peraturan perundangan berlaku.

“Yang menjadi penilaian seleksi administrasi dokumen sesuai dalam pengumuman, usia, gololongan, izin atasan, pendidikan dan lain-lain,” jelas Komarudin, Kamis, (3/1).

Komarudin menegaskan, tidak ada permainan dalam setiap tahapan lelang sekda. Semua tahapan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dia juga memastikan seluruh peserta akan mendapat perlakuan sama.

“Ya pasti tidak ada perlakukan khusus untuk peserta tertentu. Proses pansel memang objektif sesuai UU tentang ASN,” katanya.

Dekan FISIP Unsera Abdul Malik berharap, seleksi terbuka tersebut menghasilkan sekda yang memiliki integritas dan kompeten. Harus mampu menjadi teladan bagi pejabat birokasi pemprov serta mampu menjembatani komunikasi antara Pemprov dengan DPRD Banten.

“Sekda itu harus mampu mengharmonisasi birokrasi, kemudian mampu menjadi jembatan penghubung yang baik baik bagi kepentingan politik di dalamnya. Dalam arti misalnya mampu berkomunikasi dengan baik dengan DPRD. Sehingga apa yang diorientasikan untuk kepentingan rakyat itu berjalan dengan baik,” terangnya.

Sebagai informasi bahwa panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi madya Sekretaris Daerah Provinsi Banten meloloskan 10 nama aparatur sipil negara (ASN). Mereka selanjutnya diminta melakukan tahapan seleksi kompetensi.

Daftar 10 calon sekda yang lolos seleksi

Mereka yang lolos pada tahap administrasi tidak hanya ASN yang bekerja dilingkungan Pemprov Banten, namun ada yang dari Kemendagri, Kemenko bidang Maritim, Pemkot Tangerang dan dari LIPI.

Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten Al Hamidi, Pejabat Widya Iswara pada Kemendari Ali Muktabar, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statisik dan Persandian Banten Komari. Selain itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Banten Eko Palmadi, pejabat LIPI Lili Romli, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Husni Hasan.

Pejabat Pemkot Tangerang Mohamad Rakhmansyah, Pejabat di Kemendagri Muhammad Hudori, Sekretatis KPU Banten Septo Kalnadi dan Pejabat di Kemenko bidang Maritim Tubagus Rismunandar Ruhijat.

Ke-sepuluh nama tersebut telah resmi disampaikan, sesuai surat keputusan panitia seleksi yang ditandatangani oleh ketua panitia Adi Suryanto dengan Nomor 800/KEP.08-PANSEL.JTPM/2019 tertanggal 4 Januri 2019.

Disebutkan dalam surat keputusan tersebut, 10 nama itu diminta untuk melakukan asessment center di Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A I LAN) RI di Jalan Kiara Payung Jatinangor Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Jadwal asessment sendiri dilaksanakan pada Selasa dan Rabu ( 8-9/1), namun peserta pelamar diminta untuk datang sehari sebelumnya, Senin (7/1) pukul14. 00 WIB.

“Peserta diharuskan menginap yang telah disediakan oleh PK2PA I LAN selama pelaksanaan asessment,” demikian salah satu point surat yang ditandatangani oleh Adi Suryanto.

(Ade Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *