Kemenag Banten Semarakkan Hari Santri Dengan Menggelar Musabaqah Qira’atil Kutub

Pandeglang I Dinamika Banten — Memperingati Hari Santri 2021, Kementerian Agama Provinsi Banten melalui Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis) mengadakan lomba Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) di Pondok Pesantren Salafiyah Ath-Thohariyah, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang.

Acara yang dihelat sejak tanggal 20 hingga 21 Oktober 2021 itu diikuti 72 peserta dari kalangan santriwan dan santriwati dari pondok pesantren yang tersebar di Provinsi Banten.

Sementara kitab yang dilombakan antara lain kitab Jurumiyah untuk tingkat ula, kitab Sullam Taufiq untuk tingkat wustha dan kitab Tafsir Jalalain untuk tingkat ‘ulya.

Kepala Kanwil Kemenag Banten Dr Nanang Fatchurochman mengatakan, MQK ini untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan para santri khususunya di Banten kepada kitab-kitab rujukan berbahasa Arab, serta meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam dari sumber kitab-kitab berbahasa Arab.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahim antar pondok pesantren seluruh propinsi di Indonesia, dalam rangka terwujudnya persatuan dan kesatuan nasional sert meningkatkan peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dalam mencetak kader ulama dan tokoh masyarakat di masa depan,” katanya.

Sementara Kabid Pakis Kanwil Kemenag Banten Dr Encep Safrudin Muhyi menambahka, MQK ini merupakan salah satu ajang kompetisi bagi para santri untuk
menunjukkan kemampuannya dalam membaca, memahami dan menjelaskan kandungan kitab kuning sebagai tradisi keilmuan di pondok pesantren.

“MQK juga menjadi salah satu instrumen penguatan dan pengembangan kelembagaan pendidikan pesantren sesuai dengan semangat Undang-Undang No 18 tahun 2019 tentang Pesantren,” katanya.

Acara MQK ini berlangsung sangat fair dan bersih. Sebab dewan hakim yang menilai adalah dewan hakim profesional. Acara ini juga dihadiri oleh pejabat Kemenang kabupatem kota se-Banten.

“Alhamdulilah rangkaian acara berjalan lancar. Sementara besok (hari ini, red) akan digelar istighotsah di aula Kanwil Kemenag Banten,” katanya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *