Kejati Banten Ekspose Ganti Kerugian Negara 8,9 M Dari Penyedia Barang Kasus Komputer UNBK

SERANG | DINAMIKA BANTEN — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten mengekspos penyerahan dan penitipan uang pengganti perkara korupsi pengadaan komputer untuk pengadaan komputer Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

Penyerahan dan penitipan uang pengganti perkara tersebut diterima Tim Penyidik Kejati Banten dari PT AXI, selaku penyedia barang pengadaan komputer UNBK tahun anggara 2018.

“Tim penyididk Aspidsus Kejati Banten hari ini menerima titipan uang pengganti dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan komputer UNBK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten tahun anggaran 2018,” kata Kepala Kejati Banten, Leonard Ezer Eben Simanjuntak kepada awak di Kantor Kejati Banten, Kota Serang, pada Jumat, 1 April 2022.

Uang pengganti perkara tersebut kata Leonard sejumlah Rp8,9 miliar atau Rp8.987.130.000.

“Ini merupakan titipan uang pengganti sebagaimana hasil perhitungan kerugian negara yang telah dirilis. Uang pengganti ini diserahkan tadi padi oleh PT AXI kepada Tim Penyidik,” sebutnya.

Kendati begitu, untuk Persidangan perkara koruspi pengadaan komputer UNBK kata dia, nanti akan tetap berjalan, sebagaimana mestinya.

Seperti diketahui, proyek tersebut dikerjakan oleh PT AXI, yang diduga dalam pelaksanaannya terjadi penyimpangan. Adapun modus penyimpangannya yakni, menyediakan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi sebagaimana tertuang dalam kontrak. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *