Kejar Target Pendapatan 2021, Bapenda Gunakan Trisula Inovasi

SERANG I DINAMIKABANTEN.CO.ID — Optimalisasi Pendapatan daerah tahun 2021 dari sektor pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten gunakan tiga jurus baru.

Ketiga inovasi yang menjadi jurus baru dinamakan Trisula Inovasi Bapenda diantaranya revolution Sambat – IOS, Pengembangan Jempol Banten dan Pengembangan Tapak Banten.

Kepala Bapenda Banten, Opar Sohari mengatakan target pendapatan daerah naik 10 persen dari tahun 2020 menjadi Rp 11,6 triliun pada tahun 2021.

“Target 2021 kita naik dari perubahan, 11,6 triliun, naik 10 pesen,” kata Opar kepada media.

Kepala Bidang Renbang Bapenda Banten, Dr. TB Regiasa Fajar mengatakan pada akhir tahun 2020, pihaknya juga membuat tiga inovasi dalam mengoptimalkan pendapatan daerah.

“Bulan bebas denda, tarif progresif dibebaskan dan pemberlakukan NJKB,” katanya kepada media, Senin 4 Januari 2021.

Dalam menjalankan misinya di tahun 2021, Regi mengaku pihaknya akan melibatkan akademisi dalam mendorong peningkatan kesadaran pajak, juga melibatkan media masa sebagai instrumen edukasi, melibatkan kelompok dunia usaha atau bisnis untuk menjadi mitra penyelenggaraan layanan pajak.

Selain itu juga, melibatkan kelompok masyarakat menjadi kader penggerak pajak, mitra penyelenggara layanan pajak (Skema bisnis PPOB/agen layanan). seluruh perangkat daerah, instansi vertikal hingga hinga perangkat desa aktif menjadi kader penggerak pajak di lingkungan kantor dan keluarganya.

“Menjadikan lingkungan kantornya menjadi zina integritas ASN/Non ASN pembayar pajak,” ujarnya.

Dalam langkah percepatannya, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi layanan samsat di kecamatan dan lainnya. Melakukan operasi gabungan dengan pelibatan Polri, Jr dan BJB. Melakukan peluasan pajak AP. Melakukan penagihan door to door oleh tim. Melakukan program benas denda dan melakukan inovasi E-Samsat Provinsi Banten.

“Langkah yang akan dilakukan itu kami yakini dapat mempercepat dalam mengoptimalkan pendapatan daerah,” ungkap Regi. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *