Kakanwil Kemenag Komitmen Perkuat Kerukunan Umat Beragama di Banten

SERANG I DINAMIKA BANTEN — Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, H. Nanang Fatchurochman berkomitmen untuk memperkuat kerukunan umat beragama di wilayah Provinsi Banten.

Nanang yang dilantik Menag RI, Yakut Cholil Choumas pada Selasa 2 Maret 2021 menggantikan Bazari Syam itu mengaku telah melakukan koordinasi dan silaturahmi dengan seluruh stakeholder di Banten. “Banten ini kan dikenal daerah yang memiliki nilai religius begitu tinggi maka ini harus terus dirawat dengan kualitasnya yang juga perlu ditingkatkan, maka saya keliling kepada tokoh masyarakat, ulama dan umaro tujuannya ingin bersinergi membangun wilayah Provinsi Banten,” kata Nanang di Serang, Jumat.

Dikatakan bahwa Kementerian Agama ini bukan hanya milik satu umat atau ormas saja tetapi milik semua umat dan semua ormas. Oleh karena itu, Nanang mengajak untuk bersama-sama ‘bergandengan tangan’ dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Nanang juga menanggapi kritik yang dilontarkan sejumlah Ormas terkait penempatan dirinya sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten. “Ga apa-apa, silaturrahim saja kuncinya. Karena kalau menurut pepatah tak kenal maka tak sayang,” ucapnya berseloroh.

Kritik itu, kata dia, bukan sebuah penolakan melainkan tanda cintanya pada Kakanwil Kemenag Banten, Insha Allah. “Manusia tidak ada yang sempurna Mas, pasti ada kekurangan dan kelebihan. Kuncinya bagaimana kita membangun silaturahim itu dan budaya kita budaya timur ; dimana langit dijunjung disitu bumi dipijak,” tandasnya penuh bijak.

Mahfudin, Kabag TU Kanwil Kemenag Banten

Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Mahfudin menambahkan bahwa Kementerian Agama Provinsi itu bagian dari regulasi menjalankan intruksi-intruksi dari Kemenag RI. “Jadi apa yang kami lakukan merupakan pengejawantahan dari Kementerian Agama Republik Indonesia,” katanya.

Lalu apa yang menjadi tugas pokok Kementerian Agama salah satunya peningkatan kerukunan umat beragama. Poin ini, sambungnya, sesungguhnya sudah dijalankan oleh Kakanwil-Kakanwil sebelumnya, tetapi dengan dinamika yang ada Pak Kakanwil tetap harus selalu menjalin komunikasi intens dengan Kepolisian, FKUB dan lain sebagainya agar kerukunan umat beragama di Banten ini bisa berjalan dengan baik.

“Dan beliau juga bersama dengan saya sudah melakukan silaturahmi dengan Kapolda, dengan FKUB bahkan dengan Gubernur, Wakil Gubernur dan juga tokoh-tokoh masyarakat,” ucapnya.

A. M. Romli, Ketua MUI Provinsi Banten

Sementara itu, Ketua MUI Provinsi Banten A. M. Romli berharap sinergitas Kemenag Banten dibawah kepemimpinan Nanang Fatchurochman mampu meningkatkan sinergitas antara MUI, FKUB, dan Majelis-majelis agama.

“Kepala Kanwil itu kan mempunyai wewenang untu mengatur, melayani kehidupan umat beragama. Naah di dalam kehidupan umat beragama itu terdapat majelis-majelis sebagai representasi agama-agama,” tukasnya. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *