Kades Baru Dihimbau Mampu Berikan Perubahan

Serang I DBC — Umumnya semua masyarakat di desa, pasti ingin mempunyai pemimpin yang membawa perubahan di wilayahnya masing-masing, perubahan itu tidak hanya dari segi pembangunan infrastruktur saja, melainkan mampu membawa perubahan hidup di masyarakatnya, baik dari sektor sumberdaya manusianya, sosial maupun budayanya.

Hal itu dikatakan Heni Suhaeri Kabid Pemberdaya Masyarakat Desa (PEMDES), saat ditemui Tangerang Raya Media pada hari Kamis 20/02 di Serang.

Heni mengatakan enam tahun kedepan kepala desa yang baru dilantik itu akan memimpin masyarakatnya di desanya masing-masing, untuk itu di awal tahun 2020 ini 3 bulan pertama, kepala desa baru harus membuat rencana pembangunan jangka menengah desa atau RPJMDES.

Dikatakan, Kepala Desa juga harus melibatkan semua elemen masyarakat, baik itu tingkat RT/RW, BPD, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat lainnya, harus di ikut sertakan dalam setiap rapat pembangunan di desa.

“mengapa demikian, karena dengan mengundang masyarakat Kepala desa jadi tau apa aspirasi masyarakat, apa harapan masyarakat dan keinginannya,” ucap Heni.

Ketika kedepan Kepala Desa membangun, sambung Heni, jadi efektif karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat, karena dari awal semua sudah direncanakan bersama dengan matang bersama masyarakat, jadi tidak ada kesalahan fahaman antara masyarakat dengan dengan kepala desa.

“Terkadang memang ada beberapa kelemahan dari susunan rencana pembangunan Desa kedepan, itu karena kurangnya koordinasi atau sosialisasi Desa dengan masyarakat, sehingga masyarakat tidak banyak tau apa program Desa kedepan. Karena kurang menyerap aspira warganya,” ucapnya.

Heni berharap kedepan semoga kepala Desa yang baru di tahun 2020 ini mampu membawa perubahan kepada masyarakatnya masing-masing, menjadi Kepala Desa yang amanah, bekerja dengan disiplin, jujur dan adil kepada masyarakatnya.

“Mampu membawa perubahan demi terwujudnya desa maju, masyarakatnya sejahtera, sumberdaya alamnya yang berlimpah dan sember daya manusianya yang berubah, menjadi lebih baik kedepan,” pintanya.

(Suhedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *