Isu Corona Tak Pengarui Persiapan Haji 2020

Serang I DBC — Kementerian Agama Provinsi Banten memastikan bahwa seluruh tahapan persiapan ibadah haji tetap berjalan normal seperti biasa.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, H. A. Bazari Syam mengatakan, meski pemerintah Arab Saudi saat ini tengah menyetop sementara penerbitan visa umrah dan ziarah ke Tanah Suci, namun persiapan ibadah haji tetap berjalan seperti biasa.

“Pelaksanaan haji 2020 tetap berjalan seperti biasa. Segala administrasi jamaah dan kebutuhan lainnya terus dipersiapkan petugas dilapangan,” katanya di Serang, Kamis (12/3).

Bazari mengatakan sampai saat ini belum ada keterangan atau rilis resmi dari Pemerintah Arab Saudi soal pelarangan atau pembatalan haji tahun 2020. Bahkan, sambungnya, sampai saat ini pemerintah tengah berupaya melakukan lobi-lobi agar musim haji 2020 segera ada kepastian dan berharap tetap bisa dilaksanakan.

Sementara itu, Kasi Pendaftran dan Dokumen Haji Regular Bidang PHU Kanwil Kemenag Banten, Seiko menambahkan bahwa tahapan haji terus dilakukan. “Saat ini tengah proses pasport. Sebanyak 80 persen jamaah sudah cetak pasport. Kita juga di Kanwil sudah up date pasport,” katanya.

Jadi, sambungnya, tahun ini tidak lagi pasport harus dibawa ke Jakarta. “Sekarang cukup di Kanwil kita scan maka akan langsung terdeteksi dalam sistem. Demikian dengan visa, juga akan kita print disini. Sehingga jamaah tidak perlu repot lagi bawa-bawa pasport ke Jakarta,” jelasnya.

Ia berharap pemerintah Arab Saudi mampu mengatasi dan mengantisipasi penyebaran virus corona sehingga musim haji 2020 tetap bisa dilaksanakan.

“Andai pelaksanaan haji 2020 ini dibatalkan, tentunya kita langsung menyampaikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat khususnya jamaah haji 2020 agar mereka mengerti dan memahami akan kondisi saat ini,” ucapnya.

Penulis/Editor : Ade Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *