HAB Kemenag Ke-76, Jadikan Agama Sebagai Inspirasi dan Penggerak Kreativitas

Serang | Dinamika Banten — Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Memperingati Hari Amal Bhakti ke-76, Nanang Fatchurochman berpesan kepada seluruh umat beragama untuk menjadikan agama sebagai inspirasi dan penggerak daya kreativitas.

Nanang mengatakan, di usia yang ke-76, Kemenag harus terus berbenah, prestasi yang diraih harus dipertahankan dan juga perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kemenag yang lebih baik.

“Jadikan agama sebagai inspirasi, jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas, jadikan 5 nilai budaya kerja Kemenag menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari tugas kita semua,” kata Nanang saat Apel Hari Amal Bhakti di lapangan Kemenag Provinsi Banten, pada Senin (3/1/2022).

Nanang menuturkan, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga saat ini, kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dalam peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua umat manusia.

“Kemenag lahir sebagai payung teduh bagi seluruh umat beragama, memberikan layanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya dan menjaga pancasila, konstitusi dan NKRI untuk tetap pada jalurnya,” ujarnya.

Hal itu dibuktikan dengan naikya indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 persen pada tahun 2020 menjadi 83,92 persen di tahun 2021, indeks kerukunan antar umat beragama mengalami peningkatan 67,46 pada tahun 2020 menjadi 72,38 di tahun 2021.

“Selain itu, indeks layanan KUA meningkat pula, dari 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 di tahun 2021,” ucapnya.

Dari tata kelola keuangan, Kemenag mampu mempertahankan prestasinya dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara aberturut-turut sejak tahun 2016

“Kita semua pahami, prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Agama,” katanya. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *