Gelar Forum Perangkat Daerah, Bapenda Terus Sempurnakan Pendapatan Daerah

DINAMIKABANTEN.CO.ID,-SERANG I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten menggelar Forum Perangkat Daerah tahun 2020 di Aula Bapenda, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (14/3).

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Banten Ino S Rawita dan dihadiri puluhan peserta yang berasal dari OPD penghasil, Kepala UPT Samsat, Bapenda Kabupaten dan Kota, Ketua Harian Badan Anggaran DPRD dan Anggota Komisi III DPRD Banten, dan perwakilan Bapenda Kabupaten Kota se-Banten.

Plt. Sekda Banten Ino S Rawita dalam arahannya mengatakan forum perangkat daerah ini nantinya akan menajdi bahan penyempurnaan capaian target renstra Bapenda Banten tahun 2018-2022. Maka dari itu, Sekda berharap forum ini dapat menghasilkan kesepakatan-kesepakatan tentang rancangan rencana kerja tahun 2020 dan hal strategis lainnya yang terkait rencana kerja tahun 2020.

Sekretaris Bapenda, Epi Rustam saat membuka acara

“Forum ini sangat baik, banyak hal yang perlu dibenahi. Apalagi sekarang sudah masuk sistem modern, jadi harus banyak pembenahan, tapi Insyaallah kedepan kita lebih baik,” kata Ino.

Ino menejaskan, beberapa sasaran kinerja yang harus dicapai pada tahun 2020 mendatang harus menjadi kesepakatan semua stakeholder. “Silakan rencanakan bagaimana kedepan dari Bapenda untuk diperbaiki. Sistem yang baik, tingkat kebocoran diperbaiki juga. Intinya kita semangat membangun Banten,” ujarnya.

Sekda berharap capaian rencana kerja strategis Bapenda tahun 2020 bisa maksimal. “Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang baik bagi dinas dan badan yang lain,” katanya.

Kepala Bapenda Banten, Opar Sochari menyatakan bahwa realisasi pendapatan daerah tahun 2018 sudah melampaui target. Itu artinya, kata Opar, kerja keras dan pelayanan yang diberikan teman-teman UPT Bapenda serta OPD Penghasil telah berjalan dengan baik.

“Jadi fokus kita kedepan bukan lagi membuka gerai. Namun bagaimana memaksimalkan potensi-potensi pendapatan lainnya yang belum tergarap secara optimal, sehingga target dan realisasi PAD 2020 juga akan lebih meningkat,” kata Opar dihadapan ratusan peserta rapat.

(Ade Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *