DKBPPPA Kabupaten Serang Gencar Lakukan Pelayanan KB Gratis

DINAMIKABANTEN.CO.ID, SERANG – Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) gencar melaksanakan program jemput bola pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis, layanan KB yang dilakukan berupa pemasangan alat kontrasepsi implan, IUD (Intra Uterine Device), dan Suntik KB secara gratis.

Kepala Dinas KBPPPA/Dinas KBP3A, Takrul Wasyit mengatakan, pelayanan jemput bola KB merupakan program Dinas KBP3A yang masuk dalam Daftar Pengisian Anggaran (DPA),yang akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Serang.

Ia mengungkapkan, Pihaknya telah menyiapkan mobil pelayanan dan jemput bola terhadap masyarakat di 29 kecamatan di Kab. Serang.

Selain itu pelayanan diprioritaskan di kampung KB untuk melayani pemasangan alat kontrasepsi di setiap fasilitas kesehatan (Faskes).

“Pelayanan KB gratis berupa pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) berupa Implan dan IUD ,dan suntik KB secara gratis ” Takrul Wasyit, Senin di Serang (15/4)

Takrul melanjutkan dengan melakukan pelayanan KB gratis masyarakat dapat terbantu dan kepesertaan ber KB akan meningkat, sehingga target yang telah ditetapkan akan tercapai.

Diharapkan berbagai upaya yang dilakukan untuk menurunkan angka kelahiran atau Total Fertelity Rate /TFR) sesuai target.

Menurutnya kepesertaan ber KB untuk kaum perempuan di Kabupaten Serang terus ditingkatkan dan tidak kalah pentingnya juga kepesertaan ber KB pria juga harus meningkat, meskipun pada kenyataannya minat kaum pria untuk ber KB melalui Metode Oprasi Pira /MOP (Vasektomi) masih rendah.

Takrul mengemukakan semenjak dirinya menjabat Kepala DKBP3A Banten pada awal 2019 hanya ada beberapa akseptor yang bersedia melakukan MOP. Hal itu bukan berarti kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

Alasan yang sering ia dengar adanya imege atau persepsi yang salah di masyarakat bahwa jika melakukan MOP kejantanan pria tidak akan berfungsi. Selain itu juga tingginya ke khawatiran para istri, suaminya akan berselingkuh.

“Hal-hal seperti itulah yang harus diluruskan dan diberikan pemahaman kepada masyarakat untuk itu para PLKB harus bekerja lebih keras lagi,”katanya.

Ia mencontohkan kegiatan seperti saat ini pelayanan KB gratis perlu lebih intensif dilakukan diberbagai kesempatan dan kegiatan untuk menurunkan angka TFR di Kabupaten Serang.

“Meningkatkan kepesertaan ber KB di Kabupaten Serang perlu kerja keras dan dukungan semua pihak, baik DKBP3A, PLKB, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemerintah kabupaten , BKKBN Banten dan BKKBN RI,”harapnya.

Dia menambahkan, pelayanan KB gratis akan terus dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, juga perlu diingatkan program KB memiliki berbagai program yang tujuannnya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Selain itu menghindarkan para remaja dari pernikahan dini, pergaulan seks bebas dan narkoba serta untuk membentuk keluarga berkualitas.

(Advertorial/Ade Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *