Ditengah Pandemi Covid-19, KUA Diminta Tingkatkan Kinerja

Serang I DBC — Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Dr. H.A. Bazari Syam, M.Pd.I berpesan agar KUA terus meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehatan selama Covid-19.

“Kinerja KUA harus ditingkatkan bapak-bapak Kepala KUA harus menjadi leader, manajer dan motivator agar seluruh jajaran di KUA dapat bekerja dan memberikan pelayanan dengan tetap menjaga kesehatan ” pintanya disela-sela mendampingi Kunjungan Kerja Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI Dr. H. Muharram Marjuki, P.hd dalam rangka Pembinaan Kepala KUA dalam melaksanakan pelayanan pada masa pandemi covid-19, Peninjauan Pembanguan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Ciomas dan dilanjutkan Peninjuan Gedung Balai Nikah dan Manaaik Haji KUA Kec. Tunjung Teja, Senin (6/7/2020).

Kunjungan kerja Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam disambut hangat oleh Kepala Kanwil Kemenag Banten dan Kepala Bidang Urais.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan rapat kerja dengan Kanwil Kemenag Prov. Banten, Bidang Urais Kanwil Banten dan Kepala Kankemenag Kab. Serang dilanjutkan Pembinaan Kepala KUA di Aula Kemenag Kab. Serang
Kepala Kanwil Kemenag Prov. Banten Dr. H.A. Bazari Syam, M.Pd.I menyampaikan penting peran KUA di masyarakat untuk memenuhi segala pelayanan yang dibutuhkan terkait pencatatan pernikahan, wakaf, manasik haji dan dan lain-lain.

Sementara Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dr. H. Muharram Marjuki, P.hd menyampaikan bahwa kepala KUA adalah merupakan perpanjangan tangan Presiden RI dan Menteri Agama dalam melaksanakan pelayanan nikah, manasik haji ,wakaf, pembinaan umat dan lain-lain ditingkat kecamatan dan karena pentingnya peran KUA maka KUA harus menunjukan kinerja dan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dengan terus menjaga integritas dan moralitas bangsa dan agama serta menjadi teladan bagi masyarakat setempat.

“Peran KUA sangatlah strategis bapak sebagai Kepala KUA harus memahami bahwa KUA adalah kepanjangantangan Presiden dan Menteri Agama yang tugasnya tidak ringan, maka saya berharap bapak-Bapak dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, memberikan pelayanan yang maksimal dan menjaga integritas dan moralitas” pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan meninjau pembangunan KUA Kec. Ciomas dan Memonitoring Kondisi Gedung dan Pelayanan KUA Kec. Tunjung teja.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Banten Dr. H.A. Bazari Syam, M.Pd.I mengatakan terkait Peningkatan KUA kami ingin mewujudkan KUA yang benar-benar memenuhi standar baik dari sisi fisik, kinerja dan pelayanannya.

“Saya berharap Kepala Bidang Urais yang baru dapat membantu saya memujudkan KUA yang benar-benar unggul dan memenuhi harapan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada dikatakan, Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Banten H. A. Baijuri, S.Pd.I, M.Si. ketika dikonfirmasi mengamini harapan Kepala Kanwil Kemenag Banten untuk mewujudkan KUA yang benar-benar unggul disegala segi baik.

“Saya memiliki cita-cita besar pada KUA untuk menjadi KUA yang Unggul, Keren, Berwibawa, dan memenuhi harapan publik. Langkah-langkah kongkrit yang saya lakukan yaitu roadshow ke Kemenag Kab/Kota dan KUA-KUA untuk mendapatkan informasi valid terkait kelemahan dan potensi yang ada.

Selanjutnya, sambung Baijuri, saya akan merumuskan berbagai kebijakan seperti menjalin kerjasama dengan Dinas Catatan Sipil Pemprov. Banten intergrasi data kependudukan, dan Dengan Kapolda, Dandrem untuk menjalin komunikasi dan hubungan baik dalam bentuk pengajian rutin di KUA-KUA, serta rencana membangun Aplikasi-aplikasi resmi khusus untuk peningkatan pelayanan dan informasi data, dengan tetap meningkatkan kinerja dan penataan ruang kerja serta menciptakan pelayanan yang terbaik.

“Saya yakini kerja sama, kerja keras dan ikhtiar kita bersama dengan diiringi doa KUA di Banten akan menjadi KUA yang Unggul, Keren, Berwibawa dan dapat memenuhi harapan publik” jelasnya.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dr. H. Muharram Marjuki, P.hd menyatakan sangat mendukung program Kepala Bidang Urais Kanwil Banten. “Saya sangat setuju dan sangat mendukung langkah-langkah pa kabid urais untuk mewujudkan KUA Unggul, Keren, berwibawa dan dekat dengan masyarakat. Jika ada terkait pemenuhan Kebutuhan Peningkatan KUA silahkan untuk membuat usulan ke kami dan kami akan segera merespon dan merealisasikannya,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Prov. Banten Dr. H.A. Bazari Syam, M.Pd.I, Kepala Kankemenag Kab. Serang H. Tb. Syihabudin, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dr. H. Muharram Marjuki, P.hd Kasubdit Mutu, Sarpras KUA dan Sistem Informasi KUA H. Anwar Saadih, Kepala Bidang Urais Kanwil Banten H. A. Baijuri, S.Pd.I, M.Si dan pejabat eselon IV baik ditingkat Pusat, Kanwil dan Kankemenag.
Kegiatan pembinaan, peninjauan dan monitoring KUA berjalan dengan baik dengan beberapa temuan yang akan dijadikan evaluasi dan tindaklanjut dalam bentuk kebijakan dan program kedepan. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *