Disnakertrans Bakal Luncurkan Aplikasi Pengawasan Ketenagakerjaan

SERANG I DINAMIKA BANTEN — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten berencana akan memberikan layanan pengawasan ketenagakerjaan secara online. Hal itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan berbagai aduan terkait pelanggaran K3 maupun norma kerja yang terjadi pada sebuah industri dan perusahaan di Banten.

“Banten terdiri 8 kabupaten dan kota dengan memiliki wilayah yang sangat luas. Ada 4 UPT yang kita miliki, diharapkan keempat UPT itu mampu memberikan layanan efektif dengan bantuan teknologi informasi melalui aplikasi yang saat ini sedang kita matangkan bersama Pak Kadis dan Pak Sekdis,” kata Ruli Rianto, Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten kepada wartawan di Serang, Senin (12/4).

Ruli menjelaskan bahwa masyarakat yang telah menyampaikan laporan tidak perlu ke Kantor UPT maupun Kantor Disnakertrans, karena melalui layanan aplikasi mereka bisa mengakses sendiri sejauh mana progres aduannya. “Jadi sekarang masyarakat yang tempat tinggal atau kantornya jauh, bisa memantau sendiri perkembangannya seperti apa secara online melalui handphone android,” ujarnya.

Ruli memaparkan beberapa poin pelayanan tersedia diantaranya perihal yang berkaitan dengan pengawasan ketenagakerjaan, kasus-kasus Ketenagakerjaan, pelaporan terkait kecelakaan kerja, pelayan-pelayan yang bersifat rekomendasi K3, rekomendasi Catering, rekomendasi peralatan K3 ditempat kerja dan termasuk Koodinasi antar UPTD juga akan masuk dalam menu aplikasi tersebut.

Saat ini tahapan untuk menuju layanan online sudah masuk dalam pembahasan SOP, kerangka kerja dan sistem turunan dalam aplikasi seperti menu-menu apa saja yang akan kita tampilkan nantinya disana. “Jika tidak ada aral melintang, kita inginnya inovasi layanan online ini bisa dilaunching pada Juli atau Agustus 2021 mendatang. Makanya ini sedang kita matangkan,” tukasnya. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *