Dindikbud Banten : Kesiapan UNBK Capai 99 Persen

SERANG I DBC — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten telah melaksanakan gladi bersih pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK/SMA. Adang Abdurahman selaku Penanggung Jawab UNBK Tingkat Provinsi Banten menyatakan kesiapan pelaksanaan ujian nasional terakhir ditahun 2020 ini mencapai 99 persen.

Adang menjelaskan gladi bersih bertujuan memberikan pemahaman kepada para siswa terkait teknis pelaksanaan ujian. Hal ini dilakukan agar para siswa nantinya tidak kebingungan. “Melalui gladi bersih, kami berharap siswa lebih paham dan siap saat mengikuti ujian nanti,” ungkap Kasi Kurikulum SMA ini, Senin (2/3/2020) di Serang.

Adang Abdurrahman, Kasi Kurikulim SMA yang juga Penanggung Jawab UNBK Tingkat Prov. Banten

Ia melanjutkan, seluruh tingkatan sekolah baik negeri maupun swasta akan mengikuti UNBK. Sebanyak 400.000 siswa yang akan menguji kemampuan. “Kami optimis, dengan segala persiapan yang dilakukan dapat membuahkan hasil maksimal. Semoga seluruh rangkaian kegiatan UNBK berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Menurutnya, gladi bersih juga untuk mengukur kesiapan seluruh aspek dalam pelaksanaan serta mencari solusi terhadap kemungkinan yang akan menghambat kelancaran UNBK.

“Jadi kita bisa mengukur sejauhmana kesiapan sarana dan prasarana, infrastruktur, pengecekan sistem dan termasuk salah satunya kita memberikan pengenalan pada siswa kelas 12, kelas 9 dan para guru tentang AKM atau Asessmen Kompetensi Minimum yang akan menggantikan UN tahun depan” ucapnya.

Meski UNBK tidak menjadi patokan kelulusan, Adang berpesan agar para siswa tetap bersungguh-sungguh mempersiapkan mental dan kemampuan akademiknya demi meraih nilai dan prestasi yang baik.

(Ade Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *