Dindikbud Banten Fasilitasi Sanggar Seni Yang Terus Berkreasi

Serang | Dinamika Banten — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten akan memberikan fasilitasi berupa dana cash transfer sebesar Rp 5 juta rupiah kepada pelaku Sanggar Seni yang terus berkarya dalam menjaga eksistensi seni dan pelestarian budaya di Provinsi Banten.

“Program ini sebagai upaya untuk memotivasi pelaku seni yang memiliki sanggar agar secara kontinyu berkreasi di ruang-ruang publik. Sehingga secara ekonomi berdampak pada para pelaku sanggar dan masyarakat sekitar.” kata Bara Hudaya Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Selasa (22/2/2022).

Pihaknya berencana melakukan kolaborasi bersama kabupaten/kota agar dalam kegiatan itu tidak hanya menunjukkan kreasi seni saja, tetapi dibarengi pula dengan diskusi-diskusi lain yang mampu mengedukasi masyarakat setempat.

Secara keseluruhan, kata Bara, Provinsi Banten memiliki jumlah sanggar yang sangat banyak hingga mencapai 1.382 sanggar tersebar di delapan kabupaten kota.

“Data itu valid dari kabupaten kota bahkan telah berbasis by name by address. Namun kalau bicara keaktifan sanggar dan kontinuitas berkreasi itu bisa dihitung dengan jari. Karena tahun lalu saja yang kita fasilitasi hanya 10 sanggar. Ya memang disamping keterbatasan anggaran juga,” tukasnya.

Ditahun 2022 ini, pihaknya berharap geliat eksistensi sanggar semakin meningkat seiring dengan meningkatnya dana fasilitasi yang telah dianggarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

“Tahun ini anggarannya sekitar 600 juta. Mudah-mudah bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya pelaku sanggar seni dalam rangka pemulihan ekonomi ditengah Pandemi,” (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *