Dinas KBP3A Berikan Pembekalan Pada 240 Kader BKL

SERANG I DBC – Dinas Keluarga Berenca, Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anakn (DKB-P3A)  memberikan pembekalan kepada 240 orang kader pengelola Bina Keluarga Lansia (BKL) guna menambah pengatahuan dan wawasan terkait pendampingan terhadap para Lansia melalui kelompok-kelompok BKL di sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Serang.

“Kita memberikan pemahaman  dan pencerahan kepada para kader pengelola BKL ,  sehingga  kelompok-kelompok BKL merasa diperhatikan sebagai orang lanjut usia  dan  bagaimana menjaga kesehatan serta bisa  beraktivitas, mandiri  sehat dan sejahtera,” kata Kepala Dinas KBP3A Takrul Wasyit pada saat membuka acara pelatihan belum lama ini di Serang.


Adapun tujuan  pembekalan kepada para kader,  agar mereka bisa memahami  kondisi  perkembangan Lansia, karena  diusia  senja  biasanya  sensitif, mudah tersinggung dan  merasa tidak diperhatikan.

Ia mengatakan  terkait pembinaan kearifan lokal para kader memberikan pemahaman sederhana yang  seperti  yang terjadi dan dilihat sehari-hari dilingkungan, karena tidak perlu yang wah, tetapi sesuatu yang  dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya menonton televisi dan internet bukan bagian hidup para Lansia mereka bisa melihat kehidupan disekitar  yang masih  membudayakan kearifan lokal .

“Para kader dapat memberikan motivasi  menjadikan Lansia yang sehat, mandiri, sejahtera  dan tegar dalam menghadapi kehidupan  dengan memegang teguh kearifan lokal bukan menjadi beban dalam keluarga,”katanya.


Takrul menjelaskan  dengan adanya pembekalan kepada para para kader  Bina Keluarga Lansia mereka nantinya dapat memahami  kondisi Lansia, memberikan motivasi, bagaimana menjalani kehidupan di usia Lansia yang sehat, mandiri,  berproduktifitas dan sejahtera.

“Itulah harapan Dinas KBP3A kedepan  dengan melakukan pembinaan – pembinaan di masyarakat, selain Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluaga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja  (BKR) menjadikan manusia Indonesia yang berkualitas dan sejahtera,”ujarnya.

Lewat kegiatan ini, sambung Takrul, para kader akan diberikan bimbingan dan arahan dalam membuat laporan kegiatan setiap bulan di masing-masing kelompok.

Lebih lanjut Takrul menjelaakan bahwa Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) adalah wadah kegiatan bagi keluarga yang mempunyai lansia yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta keluarga dalam mewujudkan lanjut usia yang sehat, mandiri, poduktif dan bertaqwa sehingga tetap dapat diberdayakan dalam pembangunan dengan memperhatikan kearifan, pengetahuan, keahlian, keterampilan dan pengalamannya sesuai usia dan kondisi fisiknya.

“Yang dimaksud lansia disini adalah lansia awal 44-45 tahun, pra lansia 56-59 tahun dan lansia yang usianya lebih dari 60 tahun,” ujarnya.

Takrul mengatakan, peningkatan jumlah dan proporsi penduduk lanjut usia (60 tahun ke atas) cukup pesat. Menurut data BPS, pada tahun 1971 proporsi penduduk lansia adalah 4,9%, naik menjadi  7,6% pada tahun 2005, serta meningkat menjadi 8,7% pada 2010. 

Ini merupakan implikasi dari meningkatnya derajat kesehatan hidup penduduk di Indonesia.  Oleh karena itu diperlukan upaya khusus bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif agar lansia dapat tetap mandiri.

“Kelompok BKL merupakan sebuah terobosan BKKBN yang kemudian ditindaklanjuti di seluruh daerah di Indonesia termasuk Pemkab Serang dalam rangka memberdayakan peran Lansia. Tujuan mulia program BKL ini akan terwujud apabila kelompok BKL yang ada dimasyarakat dikelola dengan baik oleh para kader. Sehingga para kader BKL perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan ini,” tambahnya.

Salah satu peserta pelatihan, yang merupakan kader BKL menyampaikan ungkapan rasa terima kasihnya telah ikut dalam pelatihan ini.

“Setiap bulan, BKL di desa kami melaksanakan pembagian obat gratis dan juga senam lansia, yang biasa dipadukan dengan kegiatan Posyandu. Kami berharap setelah pelatihan ini, dapat menerapkan ilmu yang diperoleh, sehinggal kehidupan lansia di desa kami menjadi lebih baik,” ujarnya. (ADVERTORIAL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *