Diduga Menggelapkan Tanah Milik Orang Lain, Oknum Kades di Carita Ditahan Polisi

PANDEGLANG | DINAMIKA BANTEN — Seorang Oknum Kepala desa Carita berinisial US ditahan oleh pihak Kepolisian Polda Banten sebelum Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah atau pada bulan April lalu terkait dugaan penipuan dan penggelapan tanah milik orang lain.

Hal tersebut dibenarkan oleh Doni Hermawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni menyampaikan oknum Kades Carita menjadi tahanan Polda Banten terkait persoalan tanah. Menurutnya, Kades itu ditahan polisi lantaran dilaporkan oleh pihak pemilik tanah.

” Sudah di tahan oleh polda sejak puasa, masalah tanah, atas laporan dari pemilik tanah, dan sekarang sudah di tunjuk Plh Sekdes sebagai pelaksana tugas,” ungkapnya Doni melalui pesan chat What’s App, Senin (30/5/22).

Ketika ditanya media, apakah Oknum Kades tersebut terancam diberhentikan, Doni mengatakan akan melihat putusan pengadilan karena sebelum diputuskan jabatan tersebut akan di jabat Plh sesuai Permendagri.

” Kita belum bisa memastikan sebelum putusan pengadilan yang bersifat final,” cetusnya.

Doni mengutarakan bahwa Oknum Kades Carita tersebut bukan ditangkap tapi pada saat pemeriksaan langsung ditahan. ” Saat ini US masih ditahan di Polda Banten,” tuturnya.

Menurut informasi pengangkatan Sekdes menjadi Plh Kades Carita berdasarkan Surat Perintah Pelaksana Harian Nomor: 800/65/Kcm.Crta/V/2022 pada tanggal 27 Mei 2022.

Melihat adanya persitiwa Hukum yang dilakukan oleh Oknum Kepala Desa Carita, Praktisi Hukum Satria Pratama Lawyers, memberikan tanggapannya, bahwa menurutnya, semua surat yang dikeluarkan oleh DPMPD Kab. Pandeglang, Kemendagri, Bupati dan Camat Kecamatan Carita ini merupakan buntut dari adanya perbuatan yang dilakukan oleh US yang diduga kuat telah melakukan dugaan tindak pidana tipu gelap Penjualan beli tanah di Carita.

” Saat ini berdasarkan informasi yang saya terima oknum Kepala Desa Carita ini sudah ditangkap dan ditahan di Polda Banten dibuktikan dengan adanya foto US di dalam jeruji besi menjadi tahanan,” ucap Satria Pratama SH.

Satria Pratama SH menyampaikan apresiasi kepada Kepolisian Polda Banten dalam hal ini telah tegas dan berani memproses oknum Kades Carita tanpa pandang bulu dengan melihat jabatannya.

” Ini merupakan bukti bahwa Polda Banten menjalankan Program Presisi Polri dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat terkait keamanan dan kenyamanan dari hulu sampai hilir dalam hal ini memberantas praktik criminal dan atau perbuatan melanggar hukum yang terjadi di tatanan Pemerintahan Desa,” imbuhnya. (Hadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *