Kembali, Disnakertrans Jemput dan Pulangkan 4 Orang PMI Ilegal

Serang I DBC — Setelah sebelumnya berhasil menyelamatkan 10 CMPI ilegal, sepekan kemudian Disnakertrans Banten kembali menjemput dan memulangkan 4 (empat) orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Banten yang hendak dijual ke negara lain di Timur Tengah.

Aldi Prinaldi, Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten menjelaskan kronologi bagaimana 4 warga asal Banten dari 10 orang PMI bermasalah itu bisa selamat hingga tiba di Indonesia.

“Awalnya 10 TKI atau PMI itu sudah berkerja di Abu Dhabi. Ada yang sudah bekerja selama dua tahun, setahun, adapula yang enam bulan dan tiga bulan. Jadi macam-macam lah,” kata Aldi di Gedung Disnaketrans Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (3/2).

Kemudian, Aldi melanjutkan, pihak Agen berniat kembali menjual 10 PMI itu ke Suriyah. Namun rencana agen tak berjalan mulus, sebab para PMI mendapat bocoran akan dikirim ke negara yang tengah dirundung konflik itu. “Sehingga mereka memutuskan menolak untuk diterbangkan kesana. Dan memilih tetap bertahan di Bandara Abu Dhabi,” terang Aldi.

“Kebetulan salah satu dari 10 PMI itu ada yang memiliki kontak dengan KBRI di Abu Dhabi. Tak lama pihak KBRI datang menjemput sekaligus melakukan proses pemulangan ke Tanah Air,” urainya.

Setibanya di Indonesia, para PMI langsung dititipkan di RPTC Bambu Apus Jakarta untuk diberikan pembinaan sekaligus dilakukan BAP oleh jajaran dari Bareskrim Polri.

“Setelah mendapat kabar tersebut, akhirnya kita melakukan pejemputan dan sekaligus memulangkan 4 PMI itu ke tempat tinggalnya. Masing-masing berasal dari Kecamatan Pontang Kabupaten Serang 2 orang, 1 orang Kec. Kragilan dan 1 orang dari Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

(Ade Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *