Serahkan Bantuan, Sekdis ESDM Berharap Warga Segera Direlokasi

SERANG I DBC — Sekretrais Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM), Nirman menyampaikan harapannya agar warga korban banjir dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten yang saat ini tinggal di tempat-tempat pengungsian bisa segera direlokasi ke tempat yang lebih aman.

“Kalau bisa warga yang terampak ini bisa segera direlokasi. Karena di titik bencana yang kami kunjungi ini nyaris seluruh rumahnya hancur dan hanyut terbawa banjir bandang,” kata Nirman di Serang, Senin (13/1).

Rombongan Dinas ESDM sendiri pekan lalu telah menyerahkan bantuan di posko pengungsian Kecamatan Sajira, Kab. Lebak. “Disana kami bertemu dengan kordinator namanya Pak Haris. Kemudian kita ngobrol-ngobrol menanyakan kebutuhannya apa saja. Dan kita bawakan bantuan sesuai dengan kebbutuh yang mereka perlukan.  Seperti telor, obat-obatan, makanan kemasan kaleng/sarden dan lain sebagainya,” ucapnya.

Harapan Sekdis ESDM gayung bersambut dengan langkah Gubernur Banten, Wahidin Halim. Pasalnya Pemerintah Provinsi Banten tengah menyiapkan mekanisme relokasi korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lebak.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan salah satu penanganan pasca bencana adalah pembangunan hunian tetap bagi para korban banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah wilayah Provinsi Banten.

“Hal ini telah dibicarakan bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan departemen terkait,” kata Wahidin. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *