Tagana Banten Raih Juara II Tingkat Nasional

SERANG I DBC — Prestasi membanggakan ditorehkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Banten pada Jambore dan Bakti Sosial Tagana Nasional dan Asean tahun 2019 di Jawa Timur.

Abu Salim, Kontingen Tagana Banten mendapatkan Juara II Tagana Teladan Tingkat Nasional.

Prestasi yang berhasil diraih Tagana Banten tidak lepas dari peran Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Wagub Banten, Andika Hazrumy dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana.

“Ya, sebelum bertanding, para Tagana kita kobarkan semangat dan kita berikan motivasi agar bisa bersaing dan meraih prestasi,” kata Nurhana.

Diutarakan, penghargaan diserahkan saat Apel Siaga Tagana di Lautan Pasir Taman Nasional Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (28/9).

Kasi PSKB Dinsos Banten, Irma Muliasari di Serang, Selasa (01/10) menjelaskan bahwa tidak mudah untuk menjadi yang terbaik dalam lomba tersebut, Uji Kompetensi Tagana ini melibatkan perwakilan Tagana dari masing-masing Provinsi seluruh Indonesia.

Adapun yang menjadi unsur penilaian, kata Irma, adalah pengetahuan dan keterampilan, manajemen. Selain itu juga dinilai kerjasama, koordinasi, ketepatan, kerapihan, dan kecepatan.

Irma menjelaskan, Kegiatan Jambore dan Bakti Sosial Tagana 2019 yang digelar pada 25-29 September 2019 bertujuan meningkatkan kompetensi dan kapasitas Tagana dalam penanggulangan bencana.

Dikatakannya, kegiatan ini menjadi wadah para relawan kebencanaan di Indonesia dan ASEAN untuk berbagi pengalaman dan proses belajar bersama dari setiap karakteristik bencana dan budaya.

Jambore berlangsung di tiga titik yakni di Surabaya, Pasuruan dan di Lautan Pasir Taman Nasional Gunung Bromo. Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Jambore dihadiri oleh 2.750 Tagana seluruh Indonesia, perwakilan ASEAN Malaysia, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Hadir pula perwakilan NGO lokal, NGO internasional, Perwakilan Kampung Siaga Bencana (KSB), Pilar-pilar Sosial, dan relawan kebencanaan lainnya.

“Tema yang diangkat dalam jambore kali ini adalah Tagana Menjaga Alam. Melalui gerakan ini Tagana mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dan menanam pohon,” ucapnya. (ade gunawan)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *