Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Diharapkan Berjalan Kondusif

SERANG I DBC — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak akan digelar di Kabupaten Serang tanggal 3 Nopember mendatang. Kasi Penataan Desa dan Pengembangan Aparatur Desa, Ajat Sudrajat saat ditemui di Kantornya, Selasa (01/12) meminta pesta demokrasi itu berjalan kondusif, jujur dan adil, serta bebas dari segala bentuk kecurangan.

“Saya tidak ingin ada permainan, Pilkades itu dari, oleh dan untuk Desa sendiri, panitia juga harus berasal dari Desa sendiri, kita Pemda hanya mengawasi saja,” ujar Ajat.

Dikatakannya, potensi permainan dalam Pilkades dapat dilakukan oleh semua calon, terlebih lagi oleh incumbent yang memiliki kekuasaan dan kuat dari segi finansial. Agar permainan tidak terjadi, Ajat meminta Pemerintah Kecamatan untuk memantau, apabila ada kecurangan agar di eliminasi.

“Saya minta Muspika tolong di pantau jika menemukan calon yang macam-macam gagalkan saja,” pintanya.

Lebih jauh menurutnya, Pilkades cukup berpotensi terjadi gugatan dan itu adalah hal biasa dalam sebuah demokrasi. Agar tidak menimbulkan konflik, pihak berwenang di minta tidak mengabaikan gugatan masyarakat. Setiap gugatan yang masuk harus dikaji, diteliti dan diselesaikan.

“Jika ada gugatan jangan sampai diabaikan, saya minta Camat untuk mengkaji dan meneliti semua laporan yang masuk, sehingga jawaban yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan dan tidak menimbulkan masalah,” ucapnya.

Himbauan Pemdes bukan tanpa alasan mengingat Bakal Calon di sejumlah desa ada yang mencapai lebih dari 10 orang, sementara sesuai amanah Permendgri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 yang mengharuskan calon Kades paling banyak terdiri dari 5 orang.

Agar kondusifitas Pilkades terjamin, Ajat juga meminta Camat untuk melakukan komunikasi intens dengan pihak keamanan, seperti Polsek, Koramil, Bhabinkamtibmas, Babinsa, termasuk berkomunikasi dengan para tokoh masyarakat.

Pilkades, kata Ajat, juga berpotensi dipolitisir dengan informasi negatif di tengah masyarakat, yang dilancarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengacaukan Kamtibmas, apalagi di tengah kondisi goncangan ekonomi saat ini.

Adapun pemilihan Kepala Desa serentak ini akan digelar di 150 Desa dari total 29 Kecamatan di Kabupaten Serang pada 3 Nopember 2019. (hedi)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *